Rauhanda Riyantama
Ragnar Oratmangoen resmi direkrut FC Groningen. (Instagram/fcgroningen)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia, Ragnar Oratmangoen, baru saja diresmikan sebagai rekrutan terbaru klub Liga Belanda, FC Groningen.

Ragnar Oratmangoen diboyong FC Groningen dari klub sebelumnya, Go Ahead Eagles, dan akan dikontrak hingga tahun 2025.

“Ragnar Oratmangoen akan datang dari Go Ahead Eagles pada musim panas ini dan akan menandatangani kontrak hingga 2025,” tulis FC Groningen lewat akun Instagram-nya.

Baca Juga:
Elkan Baggott Debut Bersama Ipswich Town, Sandy Walsh Ikut Senang

Sementara itu, bagi Ragnar Oratmangoen, kepindahannya ke FC Groningen merupakan salah satu langkah terbesar dalam kariernya.

Sebab, FC Groningen memiliki rekam jejak yang cukup mentereng sebagai salah satu klub besar di Negeri Kincir Angin. Mereka juga punya tradisi tampil di ajang-ajang Eropa.

Oleh karena itu, kepindahannya ini bisa menjadi satu titik balik bagi perjalanan kariernya sebagai pesepak bola.

Baca Juga:
Debut Elkan Baggott di Liga Inggris Ternoda, Ipswich Town Tumbang Lawan Rotherham United

“FC Groningen adalah klub stabil yang sangat bagus di Eredivisie yang selalu bermain untuk kompetisi level Eropa,” kata Ragnar Oratmangoen.

“Ini adalah langkah baik bagi saya di Eredivisie. Saya ingin melihat bagaimana kinerja saya di klub yang lebih besar yang tentunya akan memberikan ekspektasi yang tinggi,” lanjutnya.

Sebagai informasi, FC Groningen merupakan klub sepak bola asal Belanda yang pernah diperkuat oleh Arjen Robben semasa kecil, yakni pada tahun 2000-2002.

Baca Juga:
Debut di Tim Senior Ipswich Town, Elkan Baggott Jadi Orang Indonesia Pertama yang Main di Liga Inggris

Sebelum promosi ke tim senior FC Groningen, Arjen Robben juga sempat berlatih bersama tim junior FC Groningen selama empat tahun, yakni mulai dari tahun 1996 hingga 2000.

Kemudian, setelah sempat malang melintang bersama sejumlah klub besar di Eropa, Robben akhirnya kembali pulang ke klub lamanya tersebut.

Setelah 10 tahun memperkuat Bayern Munchen, Robben memutuskan untuk singgah bersama FC Groningen di penghujung kariernya sebelum pensiun pada tahun 2021.

Baca Juga:
Persis Solo Kontrak 18 Pemain untuk Liga 1, Ada Irfan Bachdim hingga Ferdinand Sinaga

Sementara itu, Ragnar Oratmangoen merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia-Belanda yang mulai mencuri perhatian.

Sebab, dia sempat menjadi salah satu nama pemain yang diproyeksikan untuk mendapatkan status WNI agar bisa memperkuat timnas Indonesia.

Selain Ragnar Oratmangoen, ada pula beberapa nama pemain keturunan seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, hingga Kevin Diks.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More