Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

Bolatimes.com - Singapura berhasil membuat kejutan dalam turnamen mini melawan Filipina dan Malaysia di FIFA Matchday Maret 2022 lalu. Ada andil timnas Indonesia di balik performa apik The Lions itu.

Sebagaimana diketahui, Singapura mengadakan turnamen mini dengan Filipina dan Malaysia untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada Juni mendatang.

Siapa sangka, tim berjuluk The Lions ini ternyata menang dalam dua pertandingan itu, meski diasuh pelatih sementara yang bernama Nazri Nasir. Singapura menang 2-1 dari Malaysia, dan menaklukkan Filipina dengan skor 2-0.

Baca Juga:
Bayern Munchen Dipecundangi Villarreal, Thomas Muller Siap Balas Dendam

Di balik performa gemilang Singapura ini, ternyata ada andil timnas Indoensia. Hal itu diungkapkan oleh bek The Lions bernama Irfan Fandi.

Bek berusia 24 tahun mengatakan bahwa setelah Singapura mengalami kekalahan dari timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu, pemain The Lions malah sadar dengan kemampuan diri mereka dan punya semangat juang lebih.

"Saya pikir setelah pertandingan lawan Indonesia (Piala AFF), kami menyadari bahwa kami punya sesuatu dan kita terus mendorongnya," ucap sosok tertua dari Fandi bersaudara ini dikutip dari YouTube The Rated RR Podcast yang tayang 3 April lalu.

Baca Juga:
Profil Arnaut Danjuma, Pahlawan Villarreal saat Kalahkan Bayern Munich

Pemain timnas Indonesia Septian David Maulana (kanan) bersitegang dengan pemain timnas Singapura Irfan Fandi Ahmad dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018). Indonesia kalah 0-1 dalam pertandingan perdana tersebut. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

"Kalian bisa melihat saat laga lawan Malaysia ketika kami mencetak gol lagi. Dan melawan Filipina kami berusaha menciptakan gol kedua dan itu lahir," sambungnya.

Berkaca dari itu, Irfan Fandi mengakui bahwa setelah kekalahan dari timnas Indonesia di Piala AFF 2020, para pemain Singapura punya semangat lebih dan tak menyerah kala berlaga.

"Saya pikir kami semua tidak menyerah dan yang paling penting kita punya semangat juang," tegasnya.

Baca Juga:
Resmi, Jacksen F Tiago Jadi Pelatih Kepala Persis Solo di Liga 1 Musim Depan

Singapura sendiri tergabung di Grup F Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang. Mereka akan berhadapan dengan Tajikistanm Kyrgyzstan, dan Myanmar.

Load More