Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Jerman berfoto bersama sebelum melawan Belanda di UEFA Nations League (AFP)

Bolatimes.com - Gelaran Piala Dunia 2022 digelar dalam hitungan bulan ke depan, masing-masing negara unggulan memiliki pemain bintang dengan nilai jual fantastis hingga dibanderol harga selangit.

Selain terkenal penampilannya saat membela klub, deretan pemain tim-tim unggulan di Piala Dunia 2022 ini juga mempunyai nilai pasaran tinggi.

Meskipun tidak semua pemain, sisi positif hadirnya pemain ini adalah membuat pemain lain termotivasi hingga tampil ciamik bersama tim nasional.

Baca Juga:
Kalah dari Thailand, Malaysia Tak Belajar dari Kesalahan saat Lawan Timnas Futsal Indonesia

Karena performa saat bermain bersama tim nasional akan berpengaruh pada nilai jual mereka di pasaran, selain itu harga para pemain ini juga bisa menjadi tolok ukur kekuatan timnas.

Semakin baik penampilan pemain akan berdampak pada nilai pasar mereka dan hal itu juga akan berdampak pada kualitas tim nasional.

Berikut ini negara-negara kontestan Piala Dunia Qatar 2022 dengan nilai skuat fantastis berkat para pemain yang ada di dalamnya.

Baca Juga:
Cetak Hattrick ke Gawang Chelsea, Karim Benzema Pecahkan 5 Rekor Ini

1. Jerman - 666 juta poundsterling

Ekspresi para penggawa Timnas Jerman usai membantai Estonia dengan skor 8-0 pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu (12/6/2019) dini hari tadi. [Daniel ROLAND / AFP]

Bisa dibilang para pemain timnas Jerman memiliki nilai pasaran yang tidak terlalu tinggi, tetapi angka skuat mereka mencapai 666 juta pound atau sekitar Rp12,53 triliun.

Pemain termahal yang dimiliki saat ini adalah bek Bayern Muenchen, Joshua Kimmich dengan nilai pasaran 76,5  juta poundsterling.

Selain itu ada pula Leroy Sane dan Kai Havertz (63 juta poundsterling) serta Marc Andre Ter Stegen (40 juta poundsterling).

2. Portugal - 672 juta poundsterling

Pemain mahal yang dimiliki Portugal saat ini tak hanya Cristiano Ronaldo, melainkan dada beberapa yang lain.

Di antaranya seperti Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix dan Diogo Jota yang bermain di dua kompetisi besar Eropa, Liga Inggris dan Liga Spanyol.

3. Spanyol - 705 juta poundsterling

Timnas Spanyol petik kemenangan pertama di Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F, Minggu (24/3/3029). [JOSE JORDAN / AFP]

Spanyol bisa dibilang minim pemain mahal, mengingat setiap permainan yang diusung hanya membutuhkan pemain-pemain yang bisa bermain secara kolektif.

Luis Enrique selaku pelatih Spanyol juga tak banyak membawa pemain Real Madrid yang notabene bergaji besar, hanya Dani Carvajal yang diambil.

Namun lewat pemain Barcelona dan Manchester City, Spanyol mencuat ke permukaan dengan nilai skuat yang cukup tinggi.

Pedri memiliki nilai pasar 72 juta poundsterling, sementara Rodri dengan 63 juta poundsterling, belum lagi ditambah Gavi dan Marcos Llorente dengan 54 juta poundsterling.

4. Brasil - 751,4 juta poundsterling

Nilai skuat mahal yang dimiliki Brasil tak lepas dari para pemain bintang mereka yang berkarier dan menyebar di Eropa.

Sebut saja, Neymar Jr, Vinicius Jr, Eder Miliato, Alisson Becker dan lain sebagainya dengan bayaran selangit bersama klub yang dibela.

5. Prancis - 873,4 juta poundsterling

Timnas Prancis Piala Dunia 2018 (AFP)

Jawara Piala Dunia 2018 ini memiliki pemain bintang dengan harga mahal seiring kesuksesan mereka di Rusia, empat tahun yang lalu.

Hanya dengan Kylian Mbappe saja, Prancis sudah bisa mengungguli tim-tim lemah di Piala Dunia Qatar 2022 soal harga skuat.

Bintang Prancis itu memiliki nilai pasar hingga mencapai 144 juta poundsterling.

6. Inggris - 940 juta poundsterling

Sederet pemain bintang Liga Inggris menjadi andalan skuat Tiga Singa untuk Piala Dunia Qatar 2022.

Berstatus sebagai runner-up Piala Eropa, Inggris memiliki sejumlah nama mentereng dengan nilai pasar selangit.

Mulai dari Harry Kane, Phil Foden, Raheem Sterling, Harry Maguire hingga Jack Grealish.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More