Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Kanada, John Herdman. (PATRICK T. FALLON / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Kanada kini menjadi tim yang patut diperhitungkana di zona CONCACAF setelah lolos ke Piala Dunia 2022. Ternyata ada andil sosok asal Inggris bernama John Herdman yang jadi aktor kebangkitan sepak bola Kanada.

Kanada menjadi salah satu tim kejutan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. The Carnucks sukses memuncaki klasemen kualifikasi zona  CONCACAF mengungguli Amerika Serikat dan Meksiko.

Torehan 28 poin di fase grup membuat Kanada selangkah lebih dekat dengan putaran final Piala Dunia 2022, dan jika berhasil akan menjadi kali kedua bagi mereka.

Baca Juga:
Beach Club Miliknya Disambangi Mantan Bintang Film Porno, Bos Rans Cilegon FC Terkejut

Setelah jauh sebelum ini pernah berlaga di Piala Dunia 1986 Meksiko, edisi 2022 tak hanya menjadi pembuktian bagi para pemain tetapi juga sang pelatih.

Materi pemain yang cukup merata seperti Alphonso Davies dan Jonathan David, Kanada saat ini dipimpin pelatih jempolan asal Inggris, John Herdman.

Sosok pelatih yang sudah tak asing bagi Kanada setelah mempersembahkan dua gelar medali Olimpiade untuk tim putri Kanada di 2012 dan 2016.

Baca Juga:
Media Vietnam Anggap Remeh Timnas Futsal Indonesia Jelang Hadapi Thailand

Mengawali karier di tim wanita Selandia Baru pada 2006 setelah meninggalkan jabatannya di Akademi Sunderland setahun kemudian ia berlaga di Piala Dunia Wanita 2017.

Setahun kemudian ia juga memimpin Kanada di Olimpiade Beijing 2008, torehan spektakuler Herdman bersama tim wanita membuat sosoknya direkrut sebagai pelatih tim pria pada 2018.

Pelatih Timnas Kanada, John Herdman. (PATRICK T. FALLON / AFP)

Bagi Herdman, Kanada merupakan negara hoki dengan partisipasi tertinggi dalam sepak bola dan dunia belum mengetahui bagaimana aslinya negara tersebut.

"Saat ini nyata, kami akan menjadi tim yang melakukannya (lolos) atau tim yang gagal (ke Piala Dunia 2022)," ucap Herdman dikutip dari BBC Sport.

"Semua anak bermain sepakbola (untuk bermain di Piala Dunia). Itulah kenyataannya. Kanada adalah negara hoki. Tapi, sepakbola adalah olahraga dengan partisipasi tertinggi.''

"Semua anak bermain sepakbola. Itulah kenyataannya. Negara ini memiliki demografi yang sangat beragam. Kami memiliki banyak imigran, termasuk saya, yang cinta pertamanya adalah sepakbola.''

"Selama ini mereka tidak memiliki tim nasional (sepakbola) untuk diperjuangkan. Tim putri telah sangat sukses. Tapi, tim putra belum melanggar ambang batas itu.''

"Ini adalah raksasa yang sedang tidur. Dia siap untuk menempatkan dirinya ke dalam kesadaran olahraga dari penggemar olahraga Kanada yang asli," imbuhnya.

Kanada berhasil mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah memetik kemenangan 4-0 atas Jmaaika di laga ke-9 kualifikasi zona CONCACAF.

Di tangan pria asal Inggris itu sepak bola Kanada mengalami peningkatan, hal itu sangat terlihat dari ranking FIFA mereka per Januari 2021.

Dari penghuni peringkat ke-72, kini Kanada menghungi posisi ke-40 dan torehan ini didapat hanya dalam waktu satu tahun.

Selain itu juga menjadi pembuktian setelah di awal banyak yang meremehkan Kanada bisa lanjut ke putaran final Piala Dunia 2022.

"Ketika orang mengatakan 'mengapa Kanada tidak lolos?' Anda dapat melihat tantangan mengelola kompetisi di CONCACAF," ujar John Herdman.

"Tiga pertandingan dalam tujuh hari dan ribuan mil perjalanan untuk menyelesaikan permainan tersebut," tandasnya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More