Rauhanda Riyantama
Pemain Barcelona Pierre-Emerick Aubameyang dan Pedri merayakan gol saat lawan Galatasaray di leg kedua Piala Europa di Ali Sami Yen Spor Kompleksi di Istanbul pada 17 Maret 2022 waktu setempat. (KEMAL ASLAN / AFP).

Bolatimes.com - Melihat skenario Barcelona bisa menjuarai Liga Spanyol 2021-2022 kendati terpaut 12 poin dari Real Madrid yang duduk di puncak klasemen.

Barcelona masih meneruskan perjalanan apiknya di pentas La Liga Spanyol bersama Xavi Hernandez usai mengandaskan Sevilla, Senin (04/04).

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou tersebut, Barcelona mampu meraih tiga poin atas Sevilla berkat gol tunggal Pedri di menit ke-72.

Baca Juga:
Profil Muhammad Albagir, Kiper Timnas Futsal Indonesia yang Tepis Tendangan Malaysia Pakai Kepala

Kemenangan itu lantas membuat Barcelona merangsek ke peringkat kedua klasemen sementara dengan torehan 57 poin, tertinggal 12 poin dari rival abadinya, Real Madrid, di puncak.

Hal ini menjadi catatan tersendiri bagi Barcelona, yang sebelumnya sempat terdampar di peringkat ke-9 klasemen sebelum kedatangan Xavi.

Aksi Pedri saat Barcelona tundukkan Sevilla 1-0 dalam lanjutan Liga Spanyol. (LLUIS GENE / AFP)

Berkat magis legendanya tersebut yang bergabung pada November lalu, Barcelona pun bisa kembali ke jalur perebutan juara Liga Spanyol musim ini.

Baca Juga:
4 Fakta Thomas Verheydt, Striker Belanda yang Dirumorkan ke Persib Bandung

Secara matematis, memang sulit bagi Barcelona menyalip Real Madrid di klasemen dengan gap 12 poin tersebut.

Hanya saja, Barcelona masih memiliki satu laga tabungan yang bisa saja membuat keduanya hanya berjarak sembilan poin saja.

Dengan La Liga baru menjalankan 30 pertandingan, maka peluang Barcelona untuk melewati Real Madrid masih cukup terbuka lebar.

Barcelona bisa merebut gelar juara La Liga Spanyol andai mampu menyapu bersih sembilan laga tersisa di musim ini.

Namun, kemenangan tak menjamin Barcelona bisa menjadi juara. Tim berjuluk Blaugrana ini juga harus bergantung dengan hasil yang didapatkan Real Madrid di delapan pertandingan tersisanya.

Barcelona harus berharap Real Madrid setidaknya tersandung di delapan laga tersisa. Keinginan ini bisa saja terwujud, jika melihat calon lawan Los Blancos.

Di delapan partai tersisa di La Liga musim ini, Real Madrid masih akan berhadapan dengan dua tim papan atas, yakni Sevilla di pekan ke-32 dan Atletico Madrid di pekan ke-35.

Sedangkan Barcelona hanya akan melawan tim-tim papan tengah dan bawah saja di sisa kampanyenya di La Liga, dengan lawan terberat adalah Real Betis dan Villarreal.

Masih Ada Asa di Liga Europa

Jika pun gagal merengkuh gelar La Liga Spanyol, Barcelona setidaknya masih memiliki harapan bisa meraih gelar musim ini dengan gelar Liga Europa.

Barcelona menjadi kandidat terkuat juara Liga Europa musim ini. Apalagi jika menilik sepak terjangnya sepanjang tahun 2022 ini.

Dalam 18 laga di sepanjang tahun 2022 ini, Barcelona mampu meraih 12 kemenangan, di mana dua kemenangan di antaranya didapatkan dari duo Madrid.

Di Liga Europa sendiri, Barcelona memiliki materi di atas lawan-lawannya yang kini berhasil menembus babak perempat final.

Perjalanan Barcelona untuk menjadi juara pun terbuka lebar, mengingat Blaugrana akan berhadapan dengan Eintracht Frankfurt dan akan menantang salah satu antara West Ham United atau Olympique Lyon jika berhasil ke semifinal.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More