Irwan Febri Rialdi
Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan klub papan atas Eropa yang dimiliki atau dikuasai oleh pengusaha muslim, di mana salah satunya berstatus tim terkaya di dunia saat ini.

Sepak bola kini merupakan sebuah industri yang membuat beberapa pihak bisa menjadi pemilik klub secara personal.

Perubahan ini makin terlihat dari maraknya para konglomerat dunia berbondong-bondong mengakuisisi klub-klub ternama.

Baca Juga:
Persebaya Borong Gelar, Berikut Daftar Peraih Penghargaan Liga 1 2021/2022

Klub-klub yang diakuisisi pun utamanya berasal dari Eropa, mengingat kompetisi di benua biru sangat diminati oleh mayoritas penikmat sepak bola.

Karenanya, seluruh konglomerat papan atas dunia pun mulai mengakuisisi klub-klub Eropa, terutama klub yang punya nama besar.

Beberapa konglomerat ini berasal dari beragam kalangan, tak hanya ‘orang barat’ saja yang mendominasi dan menjadi pemilik.

Baca Juga:
Tak Banyak Perlawan, Vicky Prasetyo KO Lawan Azka Corbuzier di Ronde 2

Para konglomerat dari Timur Tengah juga mulai aktif untuk memiliki klub sepak bola di Eropa. Tak pelak, hal ini membuat beberapa klub Eropa memiliki pemilik yang beragam islam atau seorang muslim.

Meski dimiliki seorang muslim yang terbilang minoritas di Eropa, klub-klub ini masih bisa bersaing dan berjalan tanpa adanya perbedaan pandangan di luar lapangan.

Lantas, klub papan atas Eropa mana saja yang dimiliki konglomerat muslim? Berikut daftarnya

Baca Juga:
3 Negara yang Batal Tampil di Piala Dunia Meski Sudah Lolos, Timnas Iran Menyusul

1. Everton

Everton memang terseok-seok musim ini. Namun di musim-musim sebelumnya, The Toffees merupakan salah satu kuda hitam di Premier League.

Apiknya penampilan Everton beberapa musim belakangan tak lepas dari kontribusi sang pemilik, Farhad Moshiri yang merupakan seorang pengusaha keturunan Inggris-Iran.

Baca Juga:
Ditanya Soal Nasib Marko Simic, Pelatih Persija: Itu Bukan Tugas Saya

Sebelumnya, ia hanyalah pemegang saham minoritas dengan menguasai 49,9 persen saham Everton di 2016. Namun saat ini ia merupakan pemegang saham mayoritas dengan 77,2 persen.

Di bawah kepemilikannya, Everton terbilang royal dalam belanja pemain. Sayangnya, di musim ini The Toffees tak bisa berbuat banyak dan terjerembab di papan bawah.

2. Malaga

Malaga di dekade 2010 an merupakan salah satu tim kuda hitam di La Liga. Bahkan, tim berjuluk Los Boquerones ini bisa tampil di pentas Liga Champions.

Apiknya kiprah Malaga ini tak lepas dari kehadiran sang pemilik yakni konglomerat asal Qatar bernama Abdullah Al Thani pada 2010 silam.

Abdullah Al Thani sendiri merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan Qatar. Di bawah kekuasaannya, Malaga mampu menjadi kuda hitam terbaik sepanjang masa Spanyol.

Namun, kebersamaan keduanya harus berakhir pada 2018, setelah Abdullah Al Thani dicap gagal karena buruknya manajemen keuangan klub sehingga kini Malaga terpuruk di kasta kedua.

3. Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain juga menjadi salah satu klub yang dikuasai pengusaha muslim. Sosok itu adalah Nasser Al Khelaifi.

Nasser Al Khelaifi merupakan pengusaha asal Qatar. Ia mengakuisisi Les Parisiens pada 2011 lewat Sports Investments.

Di tangannya, PSG perlahan menjadi salah satu kekuatan menakutkan di Eropa, seiring hobinya yang kerap mendatangkan pemain bintang.

Meski mampu menjadi tim papan atas, Nasser sendiri masih penasaran dengan kegagalan timnya untuk menjadi yang terbaik di Eropa dengan menjuarai Liga Champions.

4. Manchester City

Manchester City juga dimiliki oleh seorang pengusaha muslim asal Uni Emirat Arab, yakni Sheikh Mansour bin Zayed.

Sheikh Mansour menguasai Man City pada 2011 silam dari tangan mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra.

Di tangannya, Man City pun berhasil menjadi salah satu tim terbaik di Eropa yang punya perjalanan apik di pentas domestik.

Selain memiliki Man City, Sheikh Mansour bisa dikatakan juga memiliki beberapa klub lainnya di berbagai belahan dunia yang tergabung dalam City Football Group.

5. Newcastle United

Newcastle United juga dikuasai oleh konglomerat muslim. Tak tanggung-tanggung, pemilik The Magpies adalah Pangeran Salman, putra mahkota Kerajaan Arab Saudi.

Pangeran Salman resmi mengakuisisi Newcastle pada 2021 silam usai membeli The Magpies dari tangan Mike Ashley lewat Public Investments FundS (PIF).

Akuisisi ini lantas membuat Newcastle menjadi klub terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar Rp6,19 kuadriliun.

Kekayaan ini bahkan terlihat dari jor-jorannya Newcastle di bursa transfer musim dingin, dengan mendatangkan banyak pemain bintang yang punya harga fantastis.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Load More