Rauhanda Riyantama
Pelatih keturunan Indonesia, Giovanni van Bronckhorst jadi calon kuat pengganti Gerrard di Rangers. (STR / AFP)

Bolatimes.com - Pemain sepak bola keturunan Indonesia banyak yang berhasil menembus papan atas Eropa. Salah satunya mereka berdarah Maluku dan berhasil menjadi legenda Timnas Belanda dan beberapa klub besar lain.

Meski tak secara langsung menyebut nama Indonesia, namun pemain keturunan ini dianggap tetap membuat orang-orang Maluku merasa bangga.

Berikut lima pemain keturunan Maluku yang sukses menjadi bintang sepak bola dunia dan membuat bangga Indonesia.

Baca Juga:
Jarang Terjadi, 2 Pemain Bali United Juara Liga 2 dan Liga 1 dalam Semusim

1. Nigel de Jong

Pernah bermain untuk Ajax Amsterdam dan Manchester City hingga AC Milan, kenangan yang paling diingat tentang Nigel de Jong mungkin sepakan kung fu di Piala Dunia 2010.

Terlepas dari itu, Nigel De Jong merupakan salah satu pemain Eropa asal Belanda dengan keturunan Indonesia dan berdarah Maluku.

Baca Juga:
Daftar Juara Liga Indonesia dari Era ke Era, Terbaru Bali United

2. Roy Makaay

Roy Makaay melakukan selebrasi bersama pemain Bayern Munich usai cetak gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions ke gawang Real Madrid. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Diketahui bahwa ibu kandung Roy Makaay berasal dari Indonesia, sosoknya pernah menjadi striker hebat penghias timnas Belanda.

Roy Makaay juga merupakan sosok di balik kesuksesan Deportivo La Coruna merengkuh gelar Liga Spanyol pada 1999-2000.

Baca Juga:
Jauh dari Sepak Bola, Berikut 5 Bisnis Unik Pesepak Bola Top Dunia

Torehan luar biasa lain dicatatkan Makaay dengan menempatkan dirinya sebagai pencetak gol tercepat di Liga Champions saat berhadapan dengan Real Madrid pada musim 2006-2007.

Saat itu Makaay mencetak gol dalam waktu 10,1 detik, hingga saat ini gol tercepat itu belum ada yang mampu menyamai atau bahkan memecahkannya.

3. Denny Landzaat

Baca Juga:
Pratama Arhan Jalankan Ibadah Puasa, Tokyo Verdy Siap Suplai Makanan Halal

Landzaat menjadi pemain Belanda selanjutnya yang memiliki darah Indonesia, tepatnya Maluku berasal dari sang ibu.

Kariernya di sepak bola Belanda cukup mentereng, pernah bermain untuk AZ Alkmaar, MVV Maastricht, Feyenoord bahkan hingga Ajax Amsterdam.

Puncak kariernya bisa dibilang saat bermain di Liga Inggris, tepatnya untuk Wigan Athletic medio 2006-2008.

4. Denny de Zeeuw

Mantan pemain Ajax Amsterdam yang pernah meraih gelar juara Liga Belanda ini juga merupakan pemain keturunan Indonesia berdarah Maluku.

Ibu dari Denny de Zeeuw berasla dari Maluku, selain bermain untuk Ajax, sejumlah klub top juga pernah ia bela seperti NAC Breda, Go Ahead Eagles dan AZ Alkmaar.

5. Giovanni van Bronckhorst

Sepakan spektakuler Van Bronckhorst saat Belanda berjumpa Urugay di ajang Piala Dunia 2010 tentu menjadi salah satu yang spektakuler dalam kariernya.

Van Bronckhorst termasuk salah satu pemain timnas Belanda yang sukses di Eropa, khususny asaat membela Barcelona selama empat tahun.

Medio tersebut membuatnya sukses meraih gelar Liga Spanyol dan Liga Champions, darah Indonesia tepatnya dari Maluku mengalir dalam nadinya.

Diketahui bahwa ibu Van Bronckhorst yang berasal dari Maluku bernama Fransien Sapulette dan ayah yang asli berasal dari Belanda.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More