Rauhanda Riyantama
Tatapan sendu Marco Verratti usai gagal antar Italia lolos ke Piala Dunia 2022 akibat kalah dari Makedonia Utara 0-1 di babak playoff. (ALBERTO PIZZOLI / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara yang gagal lolos ke Piala Dunia dengan status sebagai juara Piala Eropa atau Euro layaknya Timnas Italia.

Juara Euro 2020, Italia, harus menahan malu karena gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Kegagalan Italia ini didapatkan setelah menelan kekalahan dari Makedonia Utara di babak Play Off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Jumat (25/3).

Baca Juga:
Daftar Juara Liga Indonesia dari Era ke Era, Terbaru Bali United

Dalam laga yang berlangsung di hadapan pendukungnya sendiri, Italia harus tumbang dengan skor 0-1 dari Makedonia Utara lewat gol Aleksandar Trajkovski di menit ke-90+2.

Kekalahan itu pun membuat Italia untuk kali kedua secara beruntun, gagal tampil di Piala Dunia dalam delapan tahun terakhir.

Sebagai informasi, di Piala Dunia 2018, Italia juga gagal lolos ke putaran final setelah takluk di babak Play Off dari Swedia.

Baca Juga:
Pratama Arhan Jalankan Ibadah Puasa, Tokyo Verdy Siap Suplai Makanan Halal

Sebagai negara yang telah menjuarai Piala Dunia sebanyak empat kali ini, catatan itu menjadi noda tersendiri bagi Italia.

Di sisi lain, Italia juga harus menahan rasa malu amat besar karena disingkirkan oleh Makedonia Utara. Terlebih, Gli Azzurri tampil dengan label juara Piala Eropa atau Euro 2020 lalu.

Nyatanya, rasa malu yang didapatkan Italia ini pernah dirasakan oleh tiga negara lain yang juga gagal ke Piala Dunia kendati berstatus juara Piala Eropa.

Baca Juga:
Gagal Juara Liga 1, Persib Bandung Alihkan Fokus ke Piala AFC

Lalu, negara mana saja itu?

1. Cekoslovakia (Juara Euro 1976, Gagal ke Piala Dunia 1978)

Cekoslovakia merupakan negara adidaya di sepak bola di masa silam. Salah satu indikator kesuksesan negara Eropa tengah ini terlihat saat menjuarai Euro 1976.

Baca Juga:
Hasil Swiss Open 2022: Indonesia Loloskan 5 Wakil ke Semifinal

Saat itu, Cekoslovakia berhasil keluar sebagai juara Euro 1976 saat mengalahkan Jerman Barat di final lewat drama adu penalti.

Keberhasilan menjadi juara itu pun menjadi modal berharga bagi Cekoslovakia untuk lolos ke Piala Dunia yang digelar dua tahun kemudian di Jerman Barat

Nahasnya, Cekoslovakia malah gagal lolos usai hanya finis sebagai runner up di babak Kualifikasi Piala Dunia 1976 zona Eropa, di belakang Skotlandia.

2. Denmark (Juara Euro 1992, Gagal ke Piala Dunia 1994)

Denmark merupakan salah satu negara yang mampu membuat kejutan kala menjuarai Euro 1992 yang berlangsung di Swedia.

Saat itu, Denmark dengan generasi emasnya semacam Peter Schmeichel dan Michael Laudrup, mampu mengalahkan Jerman di partai puncak dengan skor 2-0.

Komposisi generasi emas ini pun diharapkan bisa berbicara banyak di Piala Dunia 1994 yang digelar di Amerika Serikat.

Namun yang terjadi, Denmark gagal lolos ke putaran final Piala Dunia usai di babak Kualifikasi Piala Dunia 1994 zona Eropa, hanya finis di tempat ketiga grup di belakang Spanyol dan Republik Irlandia.

3. Yunani (Juara Euro 2004, Gagal ke Piala Dunia 2006)

Yunani pun menjadi salah satu tim kejutan yang pernah menjuarai Euro, tepatnya pada 2004 kala menumbangkan tuan rumah penyelenggaraan, Portugal, di babak final.

Yunani keluar sebagai juara Piala Eropa, usai mengalahkan Portugal dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Angelos Charisteas.

Karena keberhasilan ini, banyak yang berharap Yunani bisa menjadi kejutan di Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman.

Sayangnya, Yunani gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2006 usai finis di peringkat keempat grup babak Kualifikasi Piala Dunia 2006 di belakang Ukraina dan Turki.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More