Rauhanda Riyantama
David Beckham saat masih membela AC Milan (8/3/2009) [Giuseppe Cacace/AFP)

Bolatimes.com - Menjadi pesepak bola bisa jadi profesi yang menjanjikan gelimang harta, namun tak sedikit pemain top dunia yang memilih untuk memiliki bisnis sampingan demi menyambung hidup.

Bahkan pesepak bola seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun membutuhkan usaha sampingan dan tak hanya mengandalkan pendapatan dari profesinya.

Memiliki gaji melimpah di setiap pekannya, tak membuat para pesepak bola bintang dunia ini berpuas diri soal pendapatan mereka.

Baca Juga:
Pratama Arhan Jalankan Ibadah Puasa, Tokyo Verdy Siap Suplai Makanan Halal

Menariknya, bisnis para pesepak bola berikut ini terbilang unik karena bidang yang digeluti bisa dibilang jauh dari sepak bola dan profesinya.

1. David Beckham

David Beckham berbicara mempresentasikan rencana membangun tim di Major League Soccer (MLS) di Miami, Florida. (Rhona Wise/AFP)

Mantan pemain Manchester United, Real Madrid dan AC Milan ini memiliki sejumlah bisnis yang digeluti di luar sepak bola, mulai dari bintang iklan hingga perusahaan Studio 99.

Baca Juga:
Gagal Juara Liga 1, Persib Bandung Alihkan Fokus ke Piala AFC

Tak sampai di situ, Beckham juga memiliki brand perawatan pria yang diberi nama House 99, selain itu ia juga memiliki bisnis bersama sang istri, Victoria dan Simon Fuller, mantan manajer istrinya.

Perusahaan tersebut yakni Beckham Brand Holdings, perusahaan yang mengepalai merek fesyen high-end dan anak perusahaannya yang bertugas mengurus hak foto Beckham, DB Ventures.

2. Andrea Pirlo

Baca Juga:
Hasil Swiss Open 2022: Indonesia Loloskan 5 Wakil ke Semifinal

Sebelum memulai debutnya sebagai manajer bersama Juventus, Pirlo lebih dulu merintis karier sebagai seorang pebisnis, salah satunya menjadi pengusaha wine.

Pirlo diketahui memiliki kebun anggur sendiri, tak heran mengapa mantan gelandang timnas Italia ini tak kebingungan mencari klub baru setelah dipecat dari Juventus.

3. Gerard Pique

Baca Juga:
Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Gegerkan Dunia, Nomor 4 Bikin Gempar Media Inggris

Shakira dan Gerard Pique. (Josep Lago / AFP)

Siapa sangka jika bek Barcelona ini memiliki usaha sampingan dalam bidang video game, Pique bahkan merupakan seorang pemilik perusahaan Kerad Games.

Layaknya seorang pebisnis, Pique juga memiliki aset saham senilai 27 persen di Bas Alimentaria, perusahaan daging di Spanyol.

Bisnis bukanlah hal baru bagi Pique, keluarganya memang sudah akrab dengan hal itu dan kehidupannya pun sudah berkecukupan sejak masih kecil.

Ayahnya merupakan seorang pengacara sekaligus pengusaha, sementara sang ibu merupakan direktur sebuah rumah sakit di Barcelona.

4. Simon Mignolet

Mantan kiper Liverpool ini memiliki usaha sampingan berupa  kedai kopi bernama Twenty Two Coffe, yang berada di kawasan Sint-Truiden, Belgia.

Usahanya ini tak lepas dari kesuksaan Mignolet akan kopi, tak heran itu membuatnya memilih untuk menjajaki bisnis kedai kopi.

5. Ryan Betrand

Mantan pemain Chelsea ini memiliki usaha sampingan di bidang pertukaran dan retail investor, diberi nama Fintech Brokerage.

Selain itu Betrand juga memiliki usaha aplikasi FootiEmoji, beberapa usaha sampingan ini bisa membuat kehidupan glamor Betrand terjaga meskipun sudah pensiun.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More