Rauhanda Riyantama
Zinedine Zidane (kiri) dan David Beckham (kanan) saat berjumpa di Paris dalam acara sponsor pada 28 Februari 2013 (Franck Fife/AFP)

Bolatimes.com - Batik menjadi kebudayaan asli Indonesia yang sudah mendunia. Batik ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya takbenda oleh UNESCO pada 2009.

Batik yang sudah mendunia ini tidak pelak menjadi perhatian publik internasional dan pernah dikenakan oleh beberapa pesepak bola ternama.

Momen itu hadir baik ketika para pemain sepak bola ini datang ke Indonesia, ada pula mengenakannya saat berada di luar negeri.

Baca Juga:
Rusia Tertarik Jadi Tuan Rumah Euro 2028 di Tengah Sanksi Internasional

Berikut deretan pemain sepak bola dunia yang terlihat pernah mengenakan batik yang merupakan budaya bersejarah dari Indonesia.

1. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane saat sesi konferensi pers setelah ditunjuk kembali menjadi pelatih Real Madrid pada 11 Maret 2019 (Pierre-Philippe Marcou/AFP)

Mantan pesepak bola papan atas sekaligus legenda Real Madrid, Juventus, dan Prancis ini pernah mengenakan batik ketika berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga:
Hasil Swiss Open 2022 Hari Kedua: Bagas/Fikri Tumbang, The Daddies Mundur

Saat itu kunjungan Zidane ke Indonesia disambut oleh Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Zidane datang ke Tanah Air untuk mempromosikan sepak bola ke anak-anak Indonesia.

Terlihat Zidane bahkan sempat memainkan bola dengan mengenakan batik yang ditemani oleh SBY. Zidane juga menyempatkan bermain bola bersama selebriti Indonesia saat itu.

2. David Beckham

Baca Juga:
Greysia Polii Kunjungi Markas Inter Milan, Disambut Dua Legenda Zanetti dan Materazzi

David Beckham saat mengumumkan akan membuat klub sepak bola di Miami (AFP)

Mantan pemain Real Madrid dan Manchester United ini juga pernah mengenakan batik. Saat itu dia berfoto untuk kerja sama dengan Adidas.

Beckham berfoto mengenakan jaket sambil memegang sepatu dengan motif batik. Beckham sendiri dikenal punya kedekatan dengan Indonesia.

Beckham beberapa kali pernah datang ke Indonesia dalam kunjungan kerja seperti memberikan seminar atau menjadi brand ambassador untuk suatu produk.

Baca Juga:
Masuk Daftar Klub Terkaya, Tapi Manchester United Jadi yang Paling Boros

3. Arsenal

Bukan satu tapi 6 pemain Arsenal pernah mengenakan baju batik. Tepatnya pada 2013 lalu Olivier Giroud, Per Mertesacker, Tomas Rosicky, Wojciech Szczsny, Lukas Podolski, dan Mikel Arteta berfoto bersama dengan mengenakan batik.

Saat itu mereka berfoto mengenakan batik sebelum pergi ke Indonesia untuk melakoni pertandingan persahabatan.

4. Marco Verratti

Gelandang milik Paris Saint-Germain dan Timnas Italia ini juga terlihat pernah mengenakan baju batik. Spesialnya, dia mengenakan batik saat menandatangani kontrak dengan PSG.

Saat itu Verratti mengenakan kemeja batik yang cukup stylish dengan membiarkan kancing atas bajunya terbuka.

5. Legenda Liverpool

Robbie Fowler saat berseragam Liverpool FC

Pada 2013 silam, tiga legenda Liverpool yaitu Ian Rush, Dietmar Hamann, dan Robbie Fowler datang ke Indonesia dan menyapa para penggemar mereka dengan mengenakan batik.

Tak hanya itu. Mereka pun memakai peci. Beberapa penggemar berat Liverpool sempat berfoto bersama para legenda.

Saat itu, Liverpool yang dilatih oleh Brendan Rodgers mendatangi Indonesia untuk melakukan tur pra-musim dan menghadapi Indonesia XI.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More