Rauhanda Riyantama
Striker Lazio, Ciro Immobile. (Twitter/@OfficialSSLazio).

Bolatimes.com - Melihat kembali deretan penyerang tajam yang pernah membela Lazio pasca Ciro Immobile menjadi top skor sepanjang masa Biancoceleste.

Ciro Immobile dinobatkan menjadi top skor sepanjang masa Lazio usai membawa timnya membekuk Venezia dalam lanjutan Serie A Italia, Selasa (15/3/22).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Olimpico itu, Lazio berhasil meraih kemenangan atas Venezia dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga:
Kemahalan, PSSI Sebut Biaya VAR untuk Satu Lapangan Rp80 Miliar

Satu-satunya gol di laga ini dicetak oleh Ciro Immobile lewat eksekusi penaltinya di menit ke-58. Satu gol ini tak ayal membuat bomber Timnas Italia itu masuk dalam buku sejarah.

Berkat golnya itu, penyerang berusia 32 tahun itu sah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Lazio dengan 144 gol di kancah Serie A.

Pemain Lazio Ciro Immobile mencetak gol ketiga saat pertandingan Liga Italia antara Lazio dengan AC Milan yang berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Lazio di Stadio Olimpico, Roma, Italia, pada 26 April 2021. (Filippo MONTEFORTE / AFP).

Torehan 144 gol itu hebatnya lagi dibuat Ciro Immobile hanya dalam 201 penampilan sejak bergabung Lazio pada 2016 dari Sevilla.

Baca Juga:
Juventus Terdepak dari Liga Champions, Allegri: Kami Terlalu Naif

Torehan 144 gol itu juga mengalahkan torehan Silvio Piola yang sebelumnya berstatus top skor Lazio di kancah Serie A.

Sebelum mencetak rekor ini, Immobile pun telah menjadi top skor sepanjang masa Lazio di seluruh ajang dengan sumbangan 176 gol dari 252 penampilan.

Catatan tersebut mengalahkan torehan Silvio Piola yang mencetak 159 gol dan Giuseppe Signori yang mencetak 127 gol.

Baca Juga:
Galatasaray vs Barcelona, Aubameyang Siap Tampil Habis-habisan

Tak cukup sampai di situ, torehannya tersebut juga mengalahkan torehan beberapa bomber tajam papan atas yang pernah membela Lazio selain dirinya dan juga Silvio Piola serta Giuseppe Signori.

Kira-kira, siapa saja para penyerang itu?

1. Miroslav Klose

Baca Juga:
Rumah Paul Pogba Kemalingan saat MU Kalah, Sesuatu Paling Berharga dalam Hidupnya Dicuri

Pemain Lazio, Miroslav Klose (AFP)

Miroslav Klose merupakan bomber tajam asal Jerman yang juga dikenal sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala Dunia.

Di akhir-akhir kariernya, Klose sempat membela Lazio sejak tahun 2011 hingga 2016. Dalam kurun waktu tersebut, penyerang berdarah Polandia ini mencetak 64 gol bagi Biancoceleste.

2. Goran Pandev

Bagi penikmat Serie A, nama Goran Pandev bukanlah nama yang asing. Pasalnya, ia telah malang melintang membela beberapa klub papan atas Italia.

Salah satunya adalah Lazio, di mana Pandev bermain sejak 2004 hingga 2009. Dalam kurun waktu tersebut, ia menyumbangkan 64 gol.

3. Tommaso Rocchi

Pendukung Lazio tentu masih ingat betul dengan nama Tommaso Rocchi. Penyerang berkepala plontos ini merupakan salah satu pemain terloyal bagi Biancoceleste.

Ia telah membela Lazio sejak 2004 hingga 2013. Selama 9 tahun berada di ibu kota, Rochi mampu melesakkan 105 gol.

4. Giorgio Chinaglia

Usai era Silvio Piola, Lazio kembali memiliki bomber tajam pada sosok Giorgio Chinaglia. Total 122 gol telah dicetaknya bagi Biancoceleste.

Chinaglia menorehkan 122 gol tersebut dalam waktu relatif singkat, yakni sejak 1969 hingga 1976 atau hanya sekitar tujuh tahun saja.

5. Bruno Giordano

Pasca era Chinaglia berakhir, Lazio kembali memiliki penyerang tajam lainnya pada diri Bruno Giordano yang mencetak 102 gol bagi Biancoceleste.

Hanya saja, Giordano tak mampu mengalahkan catatan Chinaglia, di mana 102 gol itu ia buat dalam kurun waktu 10 tahun sejak 1975 hingga 1985.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More