Rauhanda Riyantama
Striker Persipura Jayapura, Yevhen Bokhashvili. (Instagram/@persipurapapua1963)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain Rusia dan Ukraina sempat mencicipi atmosfer Liga Indonesia. Ini akan jadi pembahasan menarik di tengah gencarnya invasi Rusia terhadap Ukraina.

Dampak yang telah terjadi akibat konflik dua negara ini meluas. Sepak bola adalah salah satu sektor yang berdampak.

Di sejumlah turnamen di Eropa, klub-klub asal Rusia mulai tak bisa berlaga di turnamen bergengsi. Lebih dari itu, mereka juga terancam dikeluarkan dari FIFA dan UEFA.

Baca Juga:
Positif Covid-19 usai Tersingkir dari German Open 2022, Jonatan Christie Sampaikan Pesan Menyentuh

Terlepas dari kondisi panasnya konflik Rusia dan Ukraina, mari kita bahas siapa saja pemain kedua negara ini yang bermain di sepak bola Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Sergei Litvinov

Litvinov pernah bermain di Liga Indonesia pada 2011. Selama kurang lebih tiga tahun, ia bermain untuk Solo FC, Persikab Bandung, dan PSLS Lhokseumawe.

Baca Juga:
Chelsea Ditinggal Sponsor usai Roman Abramovich Disanksi, Logo Angka '3' Segera Hilang

Namun, Litvinov punya cerita kurang menyenangkan di musim 2014. Ketika itu, dirinya sempat tak dibayarkan gajinya oleh PSLS.

Akibatnya, Litvinov terpaksa banting stir menjadi penjual jus buah. Dan kondisi itu sempat viral dan membikin heboh.

Tak sampai di sana, Litvinov yang tak memiliki uang yang cukup untuk pulang ke Rusia, harus dideportasi karena masa visa kerjanya habis. Alhasil, ia dideportasi.

Baca Juga:
Sudah Seminggu, Begini Kabar Terbaru Naturalisasi Emil Audero Mulyadi

2. Yevgen Budnik

Pada musim 2020, Persita dan Budnik resmi mengikat kerja sama. Namun demikian, pemain berdarah Ukraina ini hanya mencicipi Liga 1 sebanyak 3 pertandingan saja.

Mulai masuknya COVID-19 ke Indonesia, ditambah kompetisi Liga 1 ditangguhkan nyaris setahun, membuat Budnik berlabuh ke FC Uratu. Diketahui, klub yang disebutkan barusan adalah mantan klubnya sebelum ke Persita.

Baca Juga:
Kocak, Begini Potret Jordi Amat dan Sandy Walsh andai Pakai Jersey Timnas Indonesia

Terkini,  Budbik bermain untuk Karpaty Lviv. Klub ini diketahui bermain di Liga Ukraina kasta kedua.  

3. Yevhen Bokhashvili

Yevhen Bokhashvili saat ini bermain untuk Persipura Jayapura. Karier pemain Ukraina ini terbilang moncer di Liga Indonesia.

Sebelum di Persipura, ia sempat ke Pahang saat Liga 1 diberhentikan karena COVID-19. Namun jauh sebelumnya, ia merasakan sukses bersama PSS Sleman selaku klub pertamanya di Indonesia.

4. Evgeni Kabaev

Buat penggemar Persija, Kabaev mungkin tak asing. Sebab, pada 2015, ia sempat bermain di Persija Jakarta.

Hanya, penyerang Rusia yang kini berusia 34 tahun itu tak lama di Ibu Kota yakni 7 bulan saja. Setelahnya dia berpindah-pindah klub dan kini bermain di Chiangmai FC di Liga Kasta Kedua Thailand.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Load More