Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Bos Chelsea, Roman Abramovich. (GLYN KIRK / AFP)

Bolatimes.com - Pemilik Chelsea, Roman Abramovich resmi dijatuhi sanksi oleh Pemerintah Inggris. The Blues pun bakal ikut terkena dampaknya.

Sebelumnya, konglomerat asal Rusia tersebut sudah berencana untuk menjual Chelsea. Bahkan Abramovich sudah mundur dari kepengurusan Chelsea yang dilimpahkan ke yayasan.

“Dalam situasi saat ini, saya telah mengambil keputusan untuk menjual klub, karena saya yakin ini demi kepentingan terbaik klub, para penggemar, karyawan, serta sponsor dan mitra klub," ucap Abramovich

Baca Juga:
Persipura vs PSM Makassar Imbang, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

"Penjualan klub tidak akan dipercepat, tetapi akan mengikuti proses yang semestinya. Saya tidak akan meminta pinjaman apa pun untuk dilunasi."

"Saya telah menginstruksikan tim saya untuk mendirikan yayasan amal di mana semua hasil bersih dari penjualan akan disumbangkan. Yayasan itu akan bermanfaat bagi semua korban perang di Ukraina," imbuhnya.

Kini kabar terbaru Pemerintah Inggris resmi memberikan sanksi kepada Abramovich dengan membekukan asetnya, termasuk Chelsea.

Baca Juga:
Andritany Ardhiyasa Murka Terima Komentar Tak Senonoh dan Kurang Ajar dari Netizen

"Sanksi ini adalah langkah terbaru dalam dukungan tak tergoyahkan Inggris untuk rakyat Ukraina," ucap Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dikutip dari gov.uk pada Kamis (10/3/2022).

Nah, dalam laporan situs tersebut, pemerintah Inggris menerbitkan izin khusus untuk Chelsea. Mereka masih mengizinkan terkait aktivitas sepak bola.

Artinya Chelsea masih diizinkan untuk memainkan pertandingan di Liga Inggris serta aktivitas terkait sepak bola lainnya.

Baca Juga:
Satu Orang Dilaporkan Kena Pukul saat Nasser Al-Khelaifi Ngamuk di Ruang Ganti Real Madrid

Kendati demikian, Abramovich tidak bisa melakukan penjualan karena asetnya telah dibekukan. Sebab, Pemerintah Inggris menangguhkan terkait penjualan Chelsea.

"Lisensi ini hanya akan mengizinkan tindakan tertentu yang disebutkan secara eksplisit untuk memastikan individu yang ditunjuk tidak bisa menghindari sanksi."

"Lisensi akan terus dipantau dan kami akan bekerja sama dengan otoritas sepak bola," tulis pernyataan Pemerintah Inggris.

Baca Juga:
Profil Nasser Al-Khelaifi, Presiden PSG yang Marah-marah Usai Dikalahkan Real Madrid

Terlepas dari itu, Chelsea kini masih berjuang di papan atas Liga Inggris. Mereka ada di urutan ketiga klasemen sementara dengan perolehan 53 poin dari 26 pertandingan yang sudah dilakoni.

Load More