Husna Rahmayunita
Aykut Demir, Pemain Timnas Turki tolak pakai baju solidaritas Ukraina. (Twitter)

Bolatimes.com - Pesepak bola Aykut Demir menjadi sorotan di tengah konflik Rusia-Ukraina. Pemain Liga Turki tersebut viral usai menolak mengenakan kaus bela Ukraina.

Aykut dituding tak menunjukkan solidaritas kepada Ukraina yang diserang Rusia. Namun, dia memiliki alasan tersendiri di balik keputusan tersebut.

Bukannya enggan bersolidaritas, pemain itu mempertanyakan aksi-aksi kekerasan lain yang dilakukan di Timur Tengah, yang terkesan tak dipabdang oleh publik. 

Baca Juga:
Jebol Gawang Klub Elite Malaysia, Pemain Muda Indonesia Panen Pujian

Kesan menutup mata atas kecaman yang terjadi di Timur Tengah ini yang bikin Aykut menolak ikut bersolidaritas. Dia merasa orang-orang baru 'berisik' ketika hal macam ini terjadi di Eropa.

Lantas, siapa sebetulnya Aykut Demir ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Aykut Demir

Baca Juga:
Emil Audero Masih Pikir-pikir Gabung Timnas Indonesia, Sang Pacar Ikut Dibujuk

Pria dengan nama lengkap Muhammet Aykut Demir adalah sosok keturunan Belanda-Turki, dia lahir pada 22 Oktober 1988 di Bergen op Zoom, Belanda.

Dengan postur 182 cm, Aykut Demir biasa diposisikan sebagai bek tengah dan bisa juga bermain di bek kiri atau bek kanan.

Perjalanannya mengenal sepak bola sudah terjadi sejak 1995. Saat itu dia bergabung dengan akademi sepak bola bernama DOSKO.

Baca Juga:
5 Pemain Eropa yang Dipanggil Thailand U-23, Ogah Kalah dari Timnas Indonesia?

Lalu pada 1998, Aykut Demir pindah ke NAC Breda. Setelah tujuh tahun di tim junior, dia akhirnya masuk ke tim utama pada musim 2005/06.

Dia tak banyak mendapat kesempatan di musim perdananya dengan hanya tampil 8 kali di Liga Belanda. Lalu pada musim 2007/08, dia dipinjamkan ke Excelsior Rotterdam.

Dia mendapat banyak kesempatan bermain selama dua musim di sana dengan mencatatkan 50 laga. Kemudian pada tahun 2009, dia memutuskan hijrah ke Turki.

Baca Juga:
Pemain Indonesia Natanael Siringoringo Bersinar di Malaysia, Terbaru Cetak Gol Cepat

Perjalanan kariernya di Turki dimulai dengan bergabung bersama Gençlerbirlii. Setelah 5 musim di sana dengan mencatatkan 127 pertandingan, dia pindah ke Trabzonspor pada 2013.

Sekitar empat musim bermain di sana, Aykut Demir bermain 91 kali buat Trabzonspor di semua kompetisi. Dia lalu pindah ke beberapa klub Turki lainnya. Mulai dari Giresunspor, BB Erzurumspor, Boluspor, dan kini Aykut Demir kembali membela Erzurumspor.

Adapun, Aykut Demir sudah memilih membela timnas Turki. Kariernya di level tim nasional dimulai dengan membela Turki U-17 hingga Turki U-21. Tetapi Aykut Demir tercatat hanya memiliki satu caps di level timnas senior Turki,.

(Kontributor: Aditia Rizky)

Load More