Husna Rahmayunita
Timnas Rusia Kalahkan Mesir (Sumber: twitter)

Bolatimes.com - Timnas Rusia harus merasakan imbas dari invasi yang dilakukan negaranya ke Ukraina. Pasalnya, invasi itu membuat tim berjuluk The Golden Eagle ini harus dicoret dan mengubur mimpi tampil di Piala Dunia.

FIFA mengambil langkah tegas setelah mendapat desakan dari berbagai elemen di kancah sepak bola. Induk sepak bola dunia ini memberikan sanksi kepada Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) atas konflik yang terjadi belakangan ini.

Sebagaimana diketahui, dunia tengah dihebohkan dengan tindakan Rusia yang melancarkan invasi ke Ukraina, buntut atas konflik antar kedua negara.

Baca Juga:
3 Kemenangan Terbesar Persija atas Persib, Pesta Gol Tanpa Balas

Invasi ini pun membuat berbagai negara di belahan dunia naik pitam terhadap Rusia dan menuntut semua badan di berbagai sektor menghukum negeri Beruang Merah.

Karenanya dari dunia sepak bola, FIFA mengambil keputusan dengan mencoret tim nasional Rusia dari panggung Piala Dunia yang ada di bawah naungannya.

Hal ini pun menjadi kabar buruk bagi sepak bola Rusia. Pasalnya, The Golden Eagle sendiri masih punya peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Jejak Emil Audero Mulyadi Buka Peluang untuk Timnas Indonesia Ketimbang Timnas Italia

Rusia sendiri berhasil melaju ke babak Play Off dan akan berhadapan dengan Polandia di semifinal Play Off sebelum memperebutkan tiket di partai final.

Sayangnya, sanksi yang diberikan FIFA ini membuat mimpi Rusia tampil di Piala Dunia 2022 Qatar pada November mendatang harus terkubur dalam-dalam.

Atas sanksi dari FIFA ini, Polandia otomatis melaju ke final dan akan berhadapan dengan pemenang antara Swedia dan Republik Ceko untuk memperebutkan tiket lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Emil Audero akan Dinaturalisasi, Sang Ayah Pernah Ungkap Kata-kata Pedas

UEFA Ikut Memberi Sanksi

Nyatanya, tak hanya FIFA saja yang memberikan sanksi. UEFA selaku induk sepak bola Uni Eropa juga memberikan sanksi ke Rusia.

Hanya saja, UEFA hanya memberikan sanksi kepada tim-tim asal Rusia. Dengan kata lain, tim-tim asal negeri Beruang Merah tak bisa bermain di kompetisi di bawah naungan induk sepak bola Uni Eropa itu.

Baca Juga:
Profil Emil Audero, Kiper Sampdoria yang Akan Bertemu Agen PSSI untuk Bela Timnas Indonesia

Sebagai contoh ada Spartak Moskow yang telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2021-2022 musim ini.

Karena adanya sanksi dari FIFA, Spartak Moskow harus rela langkah mereka terhenti di babak tersebut dan tak bisa melanjutkan kiprahnya di Liga Europa.

Sanksi yang didapat Spartak Moskow ini membuat tim asal Jerman, RB Leipzig diuntungkan dan berhak lolos ke babak perempat final tanpa harus mengeluarkan keringat untuk bertanding.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More