Irwan Febri Rialdi
Kiper Liverpool, Caoimhin Kelleher, membuat penyelamatan gemilang. (Adrian DENNIS / AFP)

Bolatimes.com - Penjaga gawang Liverpool, Caoimhin Kelleher, menjadi salah satu nama yang diperbincangkan publik seusai timnya meraih gelar juara Carabao Cup.

Caoimhin Kelleher menjadi pahlawan kemenangan Liverpool saat berjumpa Chelsea pada final Carabao Cup, Minggu (27/2/2022).

Pasalnya, Caoimhin Kelleher tak hanya sukses menjaga gawang Liverpool dari kebobolan, tetapi juga mencetak penalti terakhir yang menentukan kemenangan timnya.

Duel antara The Reds melawan The Blues memang harus dilanjutkan ke adu penalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Saat menjadi penendang ke-11 Liverpool, Kelleher sukses mengecoh Kepa Arrizabalaga. Sementara itu, sepakan Kepa justru melambung jauh di atas mistar gawang.

“Gila sekali. Saya sebenarnya bisa menebak beberapa penalti, tapi tidak menyangka juga akan menjadi penendang penalti yang menentukan kemenangan,” kata Kelleher, dikutip dari BBC.

“Saya juga lupa apabila penalti yang saya cetak memenangkan tim. Semua pemain luar biasa. Saya senang bisa mencetak gol,” lanjutnya.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Caoimhin Kelleher, kiper yang jadi pahlawan Liverpool tersebut? Berikut Bolatimes.com menyajikan profilnya.

Pemain bernama lengkap Caoimhin Odhran Kelleher ini merupakan penjaga gawang kelahiran Irlandia pada 23 November 1998.

Kelleher sudah tercatat sebagai pemain Akademi Liverpool sejak bergabung dari Ringmahon Rangers pada tahun 2015.

Setelah berlatih di akademi, Kelleher mendapatkan kontrak profesional pertamanya dari Liverpool pada Agustus 2018.

Pada final Liga Champions 2019, Kelleher menjadi kiper cadangan Liverpool. Meski tak bermain, dia ikut meraih gelar Liga Champions.

Dia pun menjadi pemain Irlandia ke-12 yang sukses merengkuh gelar Liga Champions dan menjadi satu-satunya selama 10 tahun terakhir.

Pada tahun 2020, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengkonfirmasi bahwa Kelleher dipromosikan sebagai kiper kedua di belakang Allison. Ia sukses menggeser Adrian.

Setahun berselang, tepatnya pada pertengahan tahun 2021, Kelleher menandatangani kontrak jangka panjang bersama Liverpool hingga 2026.

Terlepas dari kariernya yang semakin menanjak bersama Liverpool, Kelleher juga menjadi andalan penting di timnas Irlandia.

Dia sudah menjadi bagian dari timnas U-17 sejak tahun 2014. Setelah itu, ia berturut-turut naik kelas ke U-19 dan U-21.

Sebetulnya, Kelleher sudah mendapat pemanggilan timnas senior sejak November 2018. Saat itu, Irlandia menghadapi Irlandia Utara dan Denmark pada ajang UEFA Nations League.

Sementara itu, debutnya bersama timnas Irlandia baru tercatat pada 8 Juni 2021 saat timnas Irlandia menghadapi Qatar pada laga uji coba.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More