Rauhanda Riyantama
Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Leeds United akhirnya resmi memecat Marcelo Bielsa dari jabatan kursi pelatih. Keputusan ini diambil buntut hasil buruk dalam beberapa laga di Liga Inggris 

Pemilik Leeds Andrea Radrizzani menyebut pemecatan Bielsa sebagai keputusan terberat yang ditempuhnya sejak mengambil alih kepemilikan klub itu per Mei 2017.

"Ini adalah keputusan terberat yang harus saya ambil sejak berada di Leeds United, mengingat kesuksesan Marcelo di klub ini," katanya dikutip dari situs resmi Leeds.

Baca Juga:
Bendera Merah Putih Berkibar saat Tokyo Verdy Menang Telak, Nama Pratama Arhan Disebut

"Bersama Marcelo sebagai pelatih kepala, kami melewati tiga musim yang luar biasa dan hari-hari menyenangkan kembali dirasakan di Elland Road."

"Hanya saja, saya harus mengambil langkah untuk kepentingan terbaik klub dan saya percaya perubahan dibutuhkan sekarang untuk menjaga status kami di Liga Inggris. Hasil dan performa belakangan sama sekali tidak menemui harapan," ujarnya menambahkan.

Penampilan Leeds musim ini memang berbanding terbalik dibandingkan musim lalu, saat Bielsa untuk pertama kalinya membawa atmosfer Liga Premier dan kasta tertinggi dirasakan lagi di Elland Road setelah 16 tahun hilang.

Baca Juga:
Momen Asnawi Gagal Manfaatkan Peluang Emas, Pelatih Ansan Greeners Ngamuk

Kepastian pemecatan Bielsa hanya selang sehari setelah Leeds dipecundangi Tottenham Hotspur 0-4 di Elland Road, Sabtu (26/2/2022) malam WIB, yang memperburuk tren negatif nirmenang dan hanya satu poin dari lima pertandingan terakhir.

Leeds saat ini menempati urutan ke-16 klasemen dengan raihan 23 poin dan hanya memiliki jarak aman dua poin dari zona merah, di mana Burnley duduk di peringkat ke-18 disertai simpanan dua laga tunda.

Kondisi itu jelas berbanding terbalik ketika Leeds bersaing memperebutkan tempat di zona Eropa musim lalu, meski akhirnya finis di posisi kesembilan.

Baca Juga:
5 Pemain Berdarah Jawa di Eropa yang Bisa Bela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Performa buruk Leeds musim ini tentunya tidak lepas dari badai cedera yang mengganggu skuad mereka. Top skor mereka musim lalu Patrick Bamford baru main enam kali musim ini, demikian juga kapten Kalvin Phillips yang masih absen karena cedera dan baru tampil di 12 pertandingan liga.

Pihak klub menyatakan akan memberikan tribut penghormatan kepada Bielsa dan dalam waktu dekat mengumumkan penggantinya.

Bielsa secara keseluruhan menjadi pelatih kesembilan yang didepak dari kursinya di Liga Inggris musim ini. Bulan lalu, Everton memecat Rafael Benitez dan Watford memutus hubungan kerja dengan Claudio Ranieri.

Baca Juga:
Rans Cilegon FC Siap Perkenalkan Pemain Top Dunia, Raffi Ahmad Janji Umumkan Besok

Load More