Husna Rahmayunita
Pesepak bola Ukraina, Roman Zozulya. (AFP/Sergei Supinsky)

Bolatimes.com - Pesepak bola Ukraina, Roman Zozulya menyebut Vladimir Putin sebagai reinkarnasi Adolf Hitler setelah mengizinkan operasi militer Rusia ke Ukraina yang diklaim sebagai invasi.

Ukraina tengah berkecamuk, seiring sikap Rusia yang melancarkan operasi militer pada Kamis (24/2/2022) pagi waktu setempat. Roman Zozulya sangat geram dengan Vladimir Putin.

Roman Zozulya bahkan mengatai Vladimir Putin sebagai reinkarnasi pemimpin kelompok Nazi, Adolf Hitler melalui sebuah tulisan yang diunggah pada akun Facebook pribadi.

Baca Juga:
Perbandingan Tim Nasional Rusia Vs Ukraina, Siapa Lebih Kuat?

Zozulya menyebut sejarah telah membuat masyarakat Ukraina berada dalam kondisi buruk, mulai dari menjadi korban penganiayaan, kelaparan hingga pembunuhan.

Pesepak bola yang saat ini membela klub CF Fuenlabrada menegaskan bahwa masyarakat Ukraina menginginkan damai di tanah mereka sendiri.

Dalam kesempatan ini pula Zozulya menyebut Putin sebagai reinkarnasi Hitler dengan rencana lebih ambisius ketimbang hanya menaklukan Ukraina.

Baca Juga:
Deretan Pesepak Bola Kaya yang Jatuh Miskin, Ada Eks Liverpool

"Kami selalu menjadi tulang leher sebagian besar penguasa besar dan kuat. Dalam berbagai periode sejarah, mereka telah berusaha untuk menundukkan kami," tulis Zozulya.

"Membuat kami kelaparan, menganiaya kami dan membunuh kami untuk hak berbicara bahasa kami, mengungkapkan pendapat dan cari kemerdekaan.

"Semakin terhimpit, semakin kuat kita keluar. Kami adalah negara damai yang tidak memiliki rencana untuk menyerang siapa pun.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Yordania: Kalah Terus, Terakhir Dibantai 4-1

"Kami memiliki cukup banyak orang dan tanah, tetapi kami tidak akan memberikannya kepada orang gila mana pun.

"Oleh karena itu, dunia harus menyadari kebenaran lain, bahwa Putin adalah reinkarnasi dari Hitler. Dan rencananya lebih ambisius daripada menaklukkan Ukraina.

"Lebih penting dari sebelumnya bahwa dunia bersatu dan menjatuhkan sanksi ekonomi pada rezim terkutuk ini." imbuhnya.

Baca Juga:
Tendangan Penalti Wander Luiz Viral, Ekspresi Senyum Disorot Netizen

Hitler dan Nazi seolah belum hilang dari otak Zozulya, pemain yang berposisi sebagai striker ini pernah dicaci dengan sebutan keturunan Nazi oleh suporter.

Momen ini dialami Zozulya saat masih bermain di divisi kedua Liga Spanyol pada Desember 2019, sang pemain harus ditangguhkan saat jeda setelah diteriaki ejekan rasisme Nazi.

Hal itu tak lepas dari Zozulya yang pernah menjalani masa peminjaman di Rayo Valecano tanpa sekalipun bermain, dari sinilah suporter protes.

"Saat semuanya mulai, saya dipanggil fasis," ucap Zozulya dalam wawancara bersama media Ukraina, Football Hub.

"Mereka kemudian memeriksa Facebook saya dan menyebut saya seorang Nazi. Baru-baru ini mereka menjuluki saya sebagai rasis dan sekarang.

"Saya tidak menggubris mereka tapi mereka meneriakkan kata komunis ke arah saya. Orang-orang tersebut tidak masuk akal.

"Nanti mereka akan mengatakan bahwa saya seorang homo. Maricon adalah gay dalam bahasa Spanyol. Jadi, itu tidak mengejutkan saya," pungkasnya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More