Irwan Febri Rialdi
Selebrasi penyerang Manchester United, Anthony Elangan saat bobol gawang Leeds United. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Anthony Elanga jadi pahlawan Manchester United saat bersua Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Menjadi tamu di Wanda Metropolitano, Kamis (24/2) dini hari WIB, The Red Devils meraih hasil imbang usai Elanga mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-80.

Ini merupakan gol debut Elanga buat Manchester United dan sepanjang kariernya di kompetisi Liga Champions. Selain jadi penyelamat, Elanga menegaskan bahwa dirinya adalah salah satu wonderkid MU paling moncer saat ini.

Baca Juga:
Profil E Elavarasan, Asisten Pelatih Terbaru Kim Pan-gon di Timnas Malaysia

Elanga sendiri sudah memulai debutnya buat MU sejak musim lalu. Dia bahkan mencetak gol perdananya buat tim senior Man United musim lalu ke gawang Wolverhampton Wanderers.

Musim ini jasa Elanga kembali digunakan. Meski baru berusia 19 tahun, Elanga sudah mengecap 9 pertandingan di Liga Inggris musim ini dengan koleksi 2 gol.

Sebagai pemain muda berbakat, talenta Elanga sudah dicium oleh Man United sejak 2014 dan merekrutnya dari akademi Malmo untuk memasukkannya ke tim akademi mereka.

Baca Juga:
Netizen Heran ke PSSI, Bukannya Posting Hasil Undian Kualifikasi Piala Asia, Malah Main Tebak-tebakan

Potensi Anthony Elanga sudah terbukti ketika dia mendapat penghargaan Jimmy Murphy Young Player of the Year yang merupakan penghargaan untuk pemain muda terbaik lulusan akademi Man United.

Kehebatan Elanga sebagai pesepak bola tidak mengherankan jika menilik asal usulnya. Dia merupakan putra dari pemain Timnas Kamerun di Piala Dunia 1998, Joseph Elanga.

Namun, alih-alih mengikuti jejak sang ayah untuk membela Kamerun, Elanga justru kini membela tim nasional Swedia

Baca Juga:
Turun ke Pot 4, Timnas Singapura Justru Dapat Grup Lebih Mudah dari Indonesia

Hal ini bisa terjadi karena Anthony Elanga lahir di kota Hyllie, Swedia. Dia lahir pada 27 April 2002 ketika ayahnya sedang membela tim Swedia, Malmo FF.

Joseph Elanga menghabiskan lima musim di Malmo dari tahun 2000 hingga 2005. Dia kembali membela tim tersebut pada 2010 sebelum memutuskan pensiun.

Anthony Elanga yang sebetulnya bisa membela Kamerun, Inggris, atau Swedia, sejauh ini sudah bermain untuk timnas Swedia U-17, U-19, dan U-21.

Baca Juga:
Inilah Tiga Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kontributor: Aditia Rizki

Load More