Rauhanda Riyantama
Pemain Borussia Dortmund, Donyell Malen. (INA FASSBENDER / AFP)

Bolatimes.com - Nama menjadi hal yang krusial bagi klub sepak bola di seluruh dunia. Nama menjadi ikon yang dapat dikenang dan disuarakan oleh para pendukung mereka.

Umumnya sebuah klub mengusung nama yang ringkas dan mudah diingat untuk memudahkan penyebutan serta bisa lebih dikenal luas.

Namun, ada beberapa klub sepak bola di dunia yang nyatanya punya nama yang sangat panjang. Bahkan, ada di antara klub tersebut yang dianggap punya nama pendek tetapi justru punya nama lengkap yang sangat panjang.

Baca Juga:
Madura United Beberkan Kronologi Terkait Batalnya Pertandingan Kontra Persipura

Siapa saja klub sepak bola di dunia dengan nama paling panjang? Simak daftarnya berikut ini.

1. Borussia Dortmund

Sebagai salah satu klub paling sukses di Jerman, Eropa, dan dunia, oran-orang banyak mengenal klub ini dengan sebutan Borussia Dortmund atau sesederhana Dortmund.

Baca Juga:
Batal Main Lawan Madura United, Persipura Terancam Denda Rp1 Miliar dan Pengurangan 9 Poin

Namun, siapa sangka klub ini ternyata memiliki nama lengkap cukup panjang yaitu Ballspielverein Borussia 09 e. V. Dortmund.

2. Llanfairpwll FC

Klub berikutnya yang punya nama paling panjang di dunia adalah klub sepak bola asal Wales, Llanfairpwll FC. Klub ini punya nama panjang yang sulit dilafalkan yaitu Clwb Pêl Droed Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­ chwyrn­drobwll­llan­tysilio­ gogo­goch Football Club.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia: Ditahan Imbang Cagliari, Napoli Gagal Kudeta Puncak Klasemen

Klub yang kini bermain di kasta kelima sepak bola Wales tersebut pertama kali berdiri pada 1899.

3. NAC Breda

Beralih ke Belanda, salah satu klub dari Negeri Kincir Angin ini juga termasuk ke dalam daftar klub sepak bola dengan nama paling panjang.

Baca Juga:
Laga Persipura vs Madura United Mendadak Batal Digelar, Begini Penjelasan PT LIB

NAC Breda yang kini berkompetisi di Eerste Divisie atau kasta kedua di Belanda, punya nama lengkap Nooit opgeven altijd doorzetten, Aangenaam door vermaak en nuttig door ontspanning, Combinatie Breda.

Meski panjang, nama ini punya filosofi yang sangat dalam. Intinya nama ini menyuarakan untuk terus semangat dan pantang menyerah.

4. Bangkok FC

Klub dengan nama panjang selanjutnya hadir dari Asia Tenggara. Bangkok FC ternyata punya nama lengkap Amon Rattanakosin Krung Thep Mahanakhon Mahinthara Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Ayuthaya Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit Bravo Association Football Club.

Ini merupakan nama harfiah dari Bangkok FC yang kini berkompetisi di divisi ketiga Liga Thailand.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More