Rauhanda Riyantama
Kiper Nantes, Alban Lafont. (SEBASTIEN SALOM-GOMIS / AFP)

Bolatimes.com - Kejutan datang dari Liga Prancis. Sang pimpinan klasemen sementara, Paris Saint-Germain (PSG) ditekuk oleh Nantes pada lanjutan laga Ligue 1 pekan ke-25.

Bertanding di markas Nantes, Minggu (20/2/2022) malam WIB, PSG takluk dengan skor mencolok 1-3. Selain para pencetak gol, pahlawan Nantes adalah sang kiper, Alban Lafont.

Kiper berusia 23 tahun tersebut begitu kokoh di bawah mistar Nantes dengan total melakukan 9 penyelamatan menurut catatan WhoScored. Salah satu penyelamatan itu adalah menggagalkan tendangan penalti Neymar.

Baca Juga:
Sambil Tersenyum, Pratama Arhan Bongkar Cita-cita Andai Pensiun Jadi Pesepak Bola

Selain penalti Neymar, Lafont juga membikin pemain-pemain bintang PSG lainnya frustasi karena Lionel Messi hingga Kylian Mbappe pun gagal membobol gawangnya.

Ini merupakan satu dari sekian banyak penampilan apik Lafont di musim 2021/22. Dia selalu menjadi kiper utama dan membawa Nantes kini bertengger di peringkat ketujuh klasemen Liga Prancis.

Lantas, siapa sebetulnya sosok Alban Lafont ini?

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo Girang Man United Menang di Tengah Rumor Bakal Hengkang

Kiper Nantes, Alban Lafont saat menghalau Kylian Mbappe untuk cetak gol. (SEBASTIEN SALOM-GOMIS / AFP)

Profil Alban Lafont

Meski kini berstatus kewarganegaraan Prancis, Lafont adalah sosok kelahiran Ouagadougou di Burkina Faso, pada 23 Januari 1999.

Setelah orang tuanya berpisah ketika usianya 9 tahun, Lafont mengikuti ayahnya pergi ke Prancis. Lafont sendiri punya keturunan keluarga atlet.

Baca Juga:
Dua Pemain Absen, Persebaya Surabaya Siap Tempur Lawan Arema FC di Derby Jatim

Kakeknya pernah menjadi atlet sepak bola dan ibunya merupakan mantan pemain timnas handball Burkina Faso. Sementara ayahnya dikabarkan aktif bermain tennis.

Karier sepak bola Lafont kemudian dimulai dengan bergabung dengan tim amatir di Prancis, AS Lattoise. Saat itu dia masih menjadi seorang gelandang, alih-alih kiper seperti sekarang.

Lafont kemudian berganti posisi menjadi kiper dan akhirnya direkrut oleh klub Liga Prancis pada 2014 yaitu Toulouse. Hanya satu tahun saja berada di tim junior, Lafont mendapat promosi ke tim utama.

Baca Juga:
Kini Tak Lagi Nganggur, Jack Wilshere Resmi Gabung Klub Denmark AGF Aarhus

Dia bahkan membuat rekor sebagai kiper termuda yang menjalani laga Liga Prancis saat melawan OGC Nice pada 28 November 2015 di usia 16 tahun 310 hari.

Kiper Nantes, Alban Lafont saat gagalkan penalti Neymar. (Twitter/@ScoutUnderrated)

Dia langsung menjadi kiper utama di Toulouse selama 3 musim dengan mencatatkan total 106 penampilan di semua ajang.

Di musim 2018/19, Alban Lafont lalu dilepas Toulouse ke Fiorentina dengan biaya 7 juta euro untuk kontrak 5 tahun. Namun, cuma satu musim dia bertahan di Italia dengan mencatatkan 38 penampilan.

Setelah tempatnya digeser oleh Jagiellonia Biaystok di musim keduanya, Lafont kembali kembali ke Prancis dan bergabung dengan Nantes pada Juni 2019.

Awalnya Lafont cuma dikontrak dengan status pinjaman selama dua musim. Karena penampilan impresifnya, Lafont dipermanenkan Nantes dengan biaya 7 juta euro.

Selama hampir tiga musim membela Nantes, Alban Lafont sudah mencatatkan 94 penampilan di semua ajang dengan mencatatkan 22 clean sheet.

Di level tim nasional, Alban Lafont sudah pernah membela Prancis di berbagai kelompok umur. Mulai dari Prancis U-16 hingga terakhir membela Prancis U-21.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More