Rauhanda Riyantama
Bek Real Madrid, Marcelo (Pau Barrena/AFP)

Bolatimes.com - Melihat deretan bek atau pemain bertahan dengan koleksi gol terbanyak di Liga Champions. Seorang bek atau pemain bertahan pun juga bisa menjadi sumber gol timnya.

Sepak bola saat ini telah berkembang, di mana dalam urusan mencetak gol tak hanya dibebankan kepada penyerang, melainkan seluruh tim.

Tak ayal, pemain bertahan juga diharuskan aktif mencetak gol baik melalui situasi Open Play maupun Set Pieces atau bola mati demi membawa timnya meraih kemenangan.

Baca Juga:
Rasanya Makan Malam Satu Restoran Bareng Antonio Conte dan Claudio Ranieri

Tak jarang barisan pemain bertahan saat ini perlahan masuk dalam kategori sebagai penyumbang gol terbanyak di suatu kompetisi.

Sebagai contoh ada nama Reece James, bek Chelsea yang di musim 2021-2022 ini telah mencetak lima gol di segala ajang, dan menjadi salah satu torehan tertinggi untuk seorang pemain bertahan.

Berbicara soal gol dari bek, di ajang sekelas Liga Champions pun memiliki banyak pemain bertahan dengan catatan gol yang cukup banyak.

Baca Juga:
Ini Penyebab Ferran Torres Pakai Jersey Tanpa Logo Barcelona dan Nike saat Ditahan Imbang Napoli

Para bek ini bahkan masuk dalam jajaran pemain bertahan dengan sumbangan gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions. Lantas, siapa saja pemain tersebut?

9. Marquinhos

Angel Di Maria, Neymar, dan Marquinhos merayakan gol saat melawan Rennes pada 23 September 2018 (Jean Francois Monier/AFP)

Bek mirip PSG ini masuk dalam daftar bek dengan gol terbanyak di Liga Champions dengan sumbangan 9 gol sejak turut berpartisipasi di musim 2013-2014.

Baca Juga:
Gabung Timnas Malaysia, Eks Asisten Pelatih Barcelona Tebar Janji

8. Marcelo

Kompatriot Marquinhos, Marcelo juga masuk dalam daftar ini dengan sumbangan 9 gol. Catatan itu kian dipercantik dengan torehan empat gelar Liga Champion yang telah didapatkannya.

7. Ronald Koeman

Baca Juga:
3 Klub yang Cocok Jadi Pelabuhan Baru Ronaldo jika Hengkang dari Manchester United

Mantan bek Barcelona ini juga punya torehan mentereng yakni mencetak 9 gol di Liga Champions. Bahkan, Ronald Koeman pernah keluar sebagai top skor Liga Champions di musim 1993-1994.

6. Christian Panucci

Mantan penggawa AS Roma ini memiliki torehan 11 gol di kancah Liga Champions. Torehan itu juga membawanya mampu meraih dua gelar Liga Champions di musim 1993-1994 bersama AC Milan dan 1997-1998 bersama Real Madrid.

5. Dani Alves

Dani Alves rayakan golnya bersama Barcelona [AFP]

Pemain dengan gelar terbanyak dalam sejarah sepak bola ini terbilang piawai dalam urusan mencetak gol. Di kancah Liga Champions saja, torehan golnya mencapai 12 gol.

4. Sergio Ramos

Sergio Ramos juga terbilang andal dalam mencetak gol. Total 15 gol telah ditorehkannya di ajang Liga Champions dan menghasilkan empat gelar.

3. Ivan Helguera

Sebelum Sergio Ramos, Real Madrid memiliki bek subur di Liga Champions lainnya pada sosok Ivan Helguera. Total 15 gol telah dicetaknya di ajang ini.

2. Roberto Carlos

Legenda Real Madrid, Roberto Carlos. (Dani Pozo/AFP).

Masih dari mantan penggawa Real Madrid, ada nama Roberto Carlos yang telah mencatatkan 16 gol di kompetisi Liga Champions. hampir seluruh torehan ini ia buat kala berseragam Los Blancos.

1. Gerard Pique

Di posisi pertama, ada nama Gerard Pique yang telah mencetak 16 gol di ajang Liga Champions. Torehan ini diyakini bisa bertambah mengingat dirinya masih aktif bermain.

(Kontributor: Zulfikar Pamungkas)

Load More