Irwan Febri Rialdi
Penyerang Manchester United, Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Brighton pada laga Liga Inggris 2020/2021 di Old Trafford, Manchester, Senin (5/4/2021). [CLIVE BRUNSKILL / POOL / AFP]

Bolatimes.com - Nama Mason Greenwood belum lama ini ramai dibicarakan di media sosial setelah keegoisannya menjadi sorotan saat Manchester United menjamu West Ham United di Old Trafford, Sabtu (22/1/2022) malam WIB.

Adegan Greenwood yang bermain egois ini terjadi di awal babak pertama. Greenwood yang bermain satu dua dengan Bruno Fernandes, berhasil membawa bola hingga kotak penalti The Hammers.

Terlihat Greenwood dihadang oleh dua pemain lawan, sementara Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo berdiri di posisi bebas tanpa pengawalan berarti.

Alih-alih memberikan umpan kepada dua kawannya yang lebih kosong, pemain berusia 20 tahun itu justru memilih menendang bola yang akhirnya berujung diblok oleh lawan.

Sontak Bruno Fernandes dan Ronaldo terlihat begitu kesal dan frustasi atas permainan egois dari Greenwood. Meski akhirnya menang, Ronaldo dan Bruno Fernandes rasanya masih kecewa dengan juniornya itu.

Beberapa saat setelah itu, viral dirinya menganiaya sang kekasih. Dikarenakan sikapnya itu, dia kini diputus kontrak berbagai brand dan tersisihkan dari Manchester United.

Lantas, siapakah sosok Greenwood ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Mason Greenwood

Sosok dengan nama lengkap Mason Will John Greenwood ini merupakan pemain kelahiran 1 Oktober 2001 di Bradford, Inggris.

Ikatan Greenwood dengan Manchester United sudah terjalin sejak lama, dia bergabung dengan akademi The Red Devils sejak tahun 2007 atau saat dia berusia 6 tahun.

Progres yang apik dari Greenwood membuatnya promosi ke skuad U-18 Man United pada musim 2017/18. Luar biasanya, dia mampu menjadi top skorer Premier League U-18 dengan 17 gol dari 21 pertandingan.

Potensi Greenwood kemudian dilihat oleh tim utama, pada Juli 2018 dia ikut skuad utama melakukan tur pra musim. Di tahun yang sama, dia menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Man United.

Hadirnya Ole Gunnar Solskjaer untuk menggantikan Jose Mourinho di kursi kepelatihan, menjadi berkah buat Greenwood. Dia menjalani debut profesionalnya bersama Manchester United pada Maret 2019 saat menjadi pemain pengganti di laga Liga Champions.

Saat itu Greenwood yang berusia 17 tahun 156 hari, menjadi pemain termuda kedua di Man United yang bermain untuk klub di era Liga Champions. Empat hari setelah laga itu, Greenwood melakukan debut untuk Manchester United di Premier League.

Mason Greenwood lantas menjalani musim yang fantastis bersama Manchester United di musim 2019/20. Dia tampil 49 kali di semua kompetisi dengan mencetak 17 gol.

Setelah musim yang gemilan itu, Greenwood diberi kehormatan mengenakan nomor punggung 11 pada musim 2020/21. Meski koleksi golnya tak sebanyak musim sebelumnya, Greenwood mengantarkan Man United menjadi runner-up Liga Europa.

Di musim 2021/22, ketajaman Mason Greenwood belum terlalu terlihat. Dia baru mencetak 6 gol dari 24 pertandingan di semua kompetisi.

Untuk kariernya di tim nasional, Mason Greenwood sudah bermain untuk Inggris di Timnas U-15 dan menjalani debut di Timnas Inggris pada 5 September 2020 dan hingga kini belum mendapat panggilan lagi.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More