Husna Rahmayunita
Pemain Nigeria Ahmed Musa rayakan golnya ke gawang Islandia di laga kedua Grup D Piala Dunia 2018, Jum'at (22/6/2018) [AFP]

Bolatimes.com - Menjadi pesepak bola dunia jelas akan diganjar dengan gaji tinggi. Pundi-pundi uang bukan datang dari gaji saja, bisa dari iklan.

Tapi, ada sejumlah momen langka juga jika bicara gaji pemain sepak bola. Ada pemain yang rela tak digaji dengan alasan khusus.

Berikut Bolatimes sudah merangkum sejumlah nama-nama pesepak bola yang rela bermain tak digaji. Simak ulasannya:

Baca Juga:
Pelatih Malaysia U-23 Akui Timnya Bukan Favorit Juara Piala AFF U-23, Siap Kalah?

1. David Beckham

David Beckham saat masih membela AC Milan (8/3/2009) [Giuseppe Cacace/AFP)

Jelang pensiun, Beckham bergabung dengan PSG. Di sana, ia bermain setengah musim dengan gaji 170 ribu pound per pekan.

Jika dirupiahkan, eks kapten Timnas Inggris itu menerima Rp 3,2 miliar. Tapi, Beckham memilih untuk tak menerima gaji dan menyumbangkan seluruh pendapatannya untuk anak-anak di Paris,

Baca Juga:
Perang Komentar Netizen Malaysia vs Indonesia usai Myanmar Mundur dari Piala AFF U-23

2. Joseba Etxeberria

Etxeberria karib dengan Athletic Bilbao. Selama berkarier di dunia sepak bola, ia berbakti selama 15 musim terhitung 1995 hingga 2010.

Menjelang masa baktinya habis di Bilbao, Etxeberria melakukan hal yang tak dilakukan pesepak bola umumnya. Pemain dengan caps 104 gol dari 514 pertandingan ini rela tak menerima gaji.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persita Tangerang vs Arema FC, Kick Off 18.15 WIB

Sejatinya, klub tetap membayarkan haknya. Namun demikian, Etxeberria memilih untuk menyumbangkan seluruh pendapatannya kepada yayasan klub.

3. Mido

Pemain berdarah Mesir, Mido saat membela West Ham United 2010. (AFP/Olly Greenwood)

Piala Afrika 2006 menelurkan nama Mido yang membawa Mesir juara. Sejak saat itu, namanya kian melambung saja di pentas Eropa.

Baca Juga:
3 Alasan Manchester United Harus Depak Ralf Rangnick

Ada cerita menarik saat Mido menjalani musim peminjaman dari Middlesbrough ke West Ham. Ketika itu, dirinya gagal mencetak sebiji gol saat membela The Hammers.

Alhasil, gaji yang didapatkannya di Middlesbrough tak ia terima. Ia memilih untuk mengembalikannya karena dirinya minim kontribusi.

4. George Throne

Nama George Throne mungkin tak karib dengan penggemar pada umumnya. Wajar saja, pemain yang memperkuat West Brom pada 2010 ini hanya berkarier selama 10 musim saja.

Pada 2014, Throne sempat berlabuh ke Derby County selama lima musim. Setelahnya, ia dipinjamkan ke Oxford United.

Namun, saat membela Oxford, dirinya mengalami cedera bahu dan absen hingga 2020. Dan saat memutuskan untuk pensiun dari sepak bola, Throne membuat kesepakatan dengan Oxford.

Dirinya bermain selama setengah musim karena Oxford telah membantunya sembuh dari cedera. Dan selama masa baktinya, ia rela tak digaji.

5. Ahmed Musa

Pemain Leicester City Ahmed Musa (kiri) rayakan gol ke gawang lawan. [AFP]

Masih ingat dengan Ahmed Musa? Pemain yang membantu Leicester City menjadi kampiun Liga Inggris?

Well, namanya mungkin tak lagi setenar dulu. Kini, pemain Nigeria itu sudah pulang kampung membela Kano Pillars.

Kano sendiri adalah klub pertama Ahmed Musa. Dirinya kembali berbakti untuk mengembalikan kebugarannya karena baru sembuh dari cedera. Menariknya, saat menjalani peran di Kano, Musa rela tak digaji.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Load More