Husna Rahmayunita
Pemain Brasil Neymar (kiri) dan pemain Argentina Lionel Messi berbicara sebelum pertandingan sepak bola kualifikasi Amerika Selatan mereka untuk Piala Dunia 2022 di Neo Quimica Arena, juga dikenal sebagai Corinthians Arena, di Sao Paulo, Brasil, pada 5 September 2021. (AFP/Nelson Almaida)

Bolatimes.com - Laga Brasil versus Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol yang berlangsung Septemer 2021 lalu dihentikan. Teranyar, FIFA meminta laga tersebut digelar kembali.

Ini berdasarkan keputusan terbaru FIFA setelah melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran karantina yang menjadi penyebab dihentikannya laga Brasil vs Argentina.

"Setelah penyelidikan menyeluruh dari berbagai elemen faktual dan dengan mempertimbangkan peraturan yang berlaku, Komite Disiplin FIFA telah memutuskan bahwa pertandingan harus diputar ulang pada tanggal dan lokasi yang akan ditentukan oleh FIFA," demikian pernyataan resmi dari FIFA, Senin, seperti dikutip dari AFP, Selasa (15/2/2022).

Sebelumnya, otoritas kesehatan Brasil menyerbu lapangan saat laga antara dua tim raksasa Amerika Selatan di Neo Quimica Arena Sao Paulo pada 5 September lalu.

Mereka menghentikan laga dan memicu perkelahian yang melibatkan ofisial tim dan pemain. Ini dikarenakan dugaan pelanggaran karantina dari sejumlah pemain Argentina.

Beberapa jam sebelum drama di lapangan pada September itu, Badan Pengawasan Kesehatan Nasional Brazil (ANVISA) mengatakan empat pemain Argentina yang berbasis di klub Inggris pada saat itu harus ditempatkan di "karantina langsung" karena melanggar protokol COVID-19.

Menurut ANVISA, para pemain Liga Inggris yakni Cristian Romero dan kemudian rekan satu klubnya Giovani Lo Celso dari Tottenham, dan pemain Aston Villa Emiliano Martinez dan Emiliano Buendia memberikan informasi palsu; saat memasuki Brasil.

FIFA lantas mengatakan bahwa "pengabaian pertandingan berasal dari beberapa kekurangan dari pihak-pihak yang terlibat terhadap tanggung jawab masing-masing".

Buntutnya, pemain yang terlibat serta kedua federasi sepak bola didenda. FIFA melarang empat pemain Argentina untuk mengikuti dua pertandingan karena pelanggaran tersebut.

Asosiasi Sepak Bola Brasil harus membayar 500.000 Franc Swiss (540.000 dolar, 477.000 euro) untuk "pelanggaran yang berkaitan dengan ketertiban dan keamanan".

Sementara Asosiasi Sepak Bola Argentina didenda 200.000 Franc Swiss karena "kegagalannya memenuhi kewajibannya terkait dengan ketertiban dan keamanan, persiapan dan partisipasinya dalam pertandingan."

Tak cukup sampai di situ, baik federasi sepak bola Brasil maupun Argentina juga didenda 50.000 Franc Swiss karena mengabaikan pertandingan, demikian dimuat Antara.

Load More