Rauhanda Riyantama
Sadio Mane antar Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Bolatimes.com - Pujian dan apresiasi besar mengalir ke Sadio Mane setelah membawa Timnas Senegal juara Piala Afrika 2021. Karena jasanya itu, nama penyerang Liverpool ini pun akan diabadikan sebagai nama Stadion.

Sadio Mane mengilhami Senegal untuk kali pertama merengkuh trofi Piala Afrika. Keberhasilan ini didapatkan tim berjuluk Lions of Teranga itu usai menundukkan Mesir via adu penalti.

Senegal dan Mesir harus menentukan perengkuh gelar Piala Afrika 2021 via drama adu penalti usai kedua tim harus puas bermain imbang 0-0.

Baca Juga:
7 Bintang Sepak Bola yang Tak Pernah Dikartu Merah, Ada Benzema hingga Iniesta

Di babak tos-tosan ini, empat dari lima penendang Senegal sukses menjaringkan bola ke gawang Mesir yang dikawal oleh Gabaski.

Senegal juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan mesir via adu penalti. (Instagram/caf_online)

Sedangkan hanya ada dua dari empat penendang Mesir yang berhasil menuntaskan eksekusi penalti dan menceploskan bola ke gawang Edouard Mendy.

Sadio Mane yang jadi eksekutor terakhir Senegal pun berhasil menebus kesalahannya menuntaskan penalti di waktu normal dan memastikan Lions of Teranga keluar sebagai juara.

Baca Juga:
Profil Joan Mir, Pebalap MotoGP yang Keracunan Makanan di Mandalika

Keberhasilan Sadio Mane memastikan kemenangan Senegal di final Piala Afrika 2021 juga menghapus memori kelamnya yang di edisi final Piala Afrika 2019 tumbang di tangan Aljazair.

Karena jasanya itu, warga Senegal pun berencana memberikan apresiasi kepada Sadio Mane. Salah satunya adalah mengabadikan namanya menjadi stadion.

Jadi Nama Stadion

Baca Juga:
Profil Francesco Bagnaia, Pembalap MotoGP yang Lengannya Luka karena Batu Sirkuit Mandalika

Wacana stadion menggunakan nama Sadio Mane sendiri diprakarsai oleh Wali Kota Sedhiou, yang tak lain daerah tempat kelahiran eks bomber Southampton itu.

Wali Kota Sedhiou, Abdoulaye Diop mengatakan stadion yang akan menggunakan nama Sadio Mane ini sebagai wujud apresiasi terhadap sumbangsihnya untuk Senegal.

Tiga pemain Timnas Senegal, Edouard Mendy, Sadio Mane, dan Vincent Aboubakar meraih penghargaan pemain terbaik Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

“Sadio Mane telah membahagiakan seluruh orang Senegal, terutama wilayah Sedhiou dan wilayah Casamance. Saya telah memutuskan untuk menamai stadion Sedhiou dengan namanya,” ujar Abdoulaye Diop dikutip dari The Sun.

Baca Juga:
Chelsea Lanjutkan Dominasi Tim Eropa yang Juara Piala Dunia Antarklub

Adapun stadion tersebut tengah dalam konstruksi dan baru akan dibuka pada tahun depan. Dengan kata lain, Sadio Mane akan hadir saat pembukaan stadion yang menggunakan namanya itu.

Selain namanya dipakai untuk stadion, Sadio Mane beserta rekan-rekannya dan staf kepelatihan Senegal mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp1,2 miliar dan sebidang tanah masing-masing 200 meter persegi di Dakar dan sebidang tanah masing-masing 500 meter persegi di Diamniadio.

(Kontributor: Zulfikar Pamungkas)

Load More