Rauhanda Riyantama
Penyerang Timnas Mesir, Mohamed Salah berjalan melewati trofi setelah kalah dalam pertandingan final Piala Afrika 2021 lawan Senegal di Stade d'Olembe, Yaounde, Kamerun. (Kenzo TRIBOUILLARD/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Senegal berhasil keluar sebagai juara Piala Afrika 2021. Mereka sekaligus mencatatkan sejarah untuk kali pertama sejak bergulirnya kejuaraan ini.

Itu artinya, beberapa pemain top yang bermain di Senegal seperti Sadio Mane dan Kalidou Koulibaly menyusul pemain lainnya yang pernah juara Piala Afrika.

Pada edisi sebelum-sebelumnya, Samuel Eto'o dan Riyad Mahrez pernah merasakan gelar ini. Pun dengan kakak beradik Yaya dan Kolo Toure.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol: Real Madrid Ditahan Imbang, Atletico Menang Dramatis

Namun, ada sejumlah pemain top yang belum merasakan gelar Piala Afrika. Bahkan hingga mereka pensiun dari sepak bola:

1. Didier Drogba

Didier Drogba/Twitter

Drogba bisa dibilang adalah legenda hidup Pantai Gading. Sebagai bomber di lini depan, dirinya adalah top skor sepanjang Pantai Gading dengan raihan 65 gol dari 105 laga.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Man United Gagal Menang Lagi, Everton & City Pesta Gol

Hanya, Drogba belum sekalipun membawa negaranya juara Piala Afrika. Paling banter, ia hanya membawa Pantai Gading runner-up di edisi 2012.

2. Michael Essien

Sama seperti Drogba, Essien adalah ikon sepak bola Ghana di era modern. Pemain yang pernah membela Persib Bandung ini, adalah legenda di negaranya.

Baca Juga:
Bungkam Palmeiras 2-1, Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub 2021

Saat masih memperkuat Timnas Ghana, Essien belum sekalipun membawa juara. Namun, Essien sempat merasakan semifinal Piala Afrika 2008 dan final edisi 2010.

3. Mohamed Salah

Mohamed Salah adu mulut dengan wasit Victor Gomes saat Senegal vs Mesir final Piala Afrika 2021. (AFP/Charly Tribbaleau)

Salah bisa dibilang adalah salah satu pemain terbaik di Piala Afrika. Ketajamannya di lini depan sudah tak diragukan lagi lantaran dirinya adalah bomber andalan Mesir.

Baca Juga:
Sempat Garang, 3 Alasan PSIS Semarang Kini Melempem

Mesir juga merupakan negara yang paling sukses jika bicara Piala Afrika. Mereka sudah merengkuh 7 gelar dan tertinggi ketimbang negara lain.

Hanya, khusus buat Salah, sejak menjalani debut dengan Mesir pada 2011, pemain Liverpool ini belum merasakan juara. Paling banter dia merasakan runner-up pada 2017 dan 2021.

4. George Weah

Era 1990 an adalah milik Weah. Sebab, dia adalah pesepak bola dari Benua Afrika yang sukses menaklukkan dunia dengan menyabet gelar pemain terbaik dunia 1995.

Hanya, Weah dan negaranya Liberia, tak punya reputasi di Piala Afrika. Sepanjang sejarah, negara yang disebutkan barusan baru mentas Piala Afrika 2 kali.

5. Emmanuel Adebayor

Pemain asal Togo Emmanuel Adebayor [AFP]

Adebayor adalah pesepak bola asal Togo. Negara yang disebutkan adalah salah satu negara kecil di Afrika.

Meski begitu, nama besar Adebayor tak bisa memberikan prestasi buat Togo. Di Piala Afrika, capaian terbaik adalah perempat final 2013.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More