Husna Rahmayunita
Vietnam lolos ke Piala Dunia Wanita 2023. (Twitter/@afcasiancup)

Bolatimes.com - Keputusan tak terduga diambil oleh pelatih Timnas Wanita Vietnam, Mai Duc Chung yang berencana pensiun usai mengantarkan timnya lolos ke Piala Dunia Wanita 2023.

Mai Duc Chung berhasil mengantarkan Vietnam ke Piala Dunia Wanita 2023 setelah menumbangan Taiwan di partai final dengan skor 2-1, Minggu (6/2/2022).

Prestasi ini menjadi sejarah tersendiri bagi Vietnam. Mai Duc Chung pun semringah dengan kemenangan anak asuhnya, bahkan sampai mengaku tak bisa tidur.

Baca Juga:
Viral Usai Tendang dan Banting Kucing, Kurt Zouma Kini Terancam Penjara

"Saya pulang ke rumah dengan sangat bahagia, tatapi tak bisa tidur. Saya merasa lelah tetapi tidak sakit," ujarnya seperti disadur dari Zingnews, Selasa (8/2).

Namun, Mai Duc Chung malah memberikan pernyataan mengejutkan. Ia mengaku berencana pensiun karena ingin beristirahat.

"Tahun ini saya sudah tua, usia 72 tahun. Saya harus pensiun. Jujur bekerja di usia segini sangat menegangkan dan melelahkan. Saya akan mundur, saya bisa menjadi konsultan untuk tim," sambunnya.

Baca Juga:
Potret Bahagia Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Menanti Kelahiran Anak

Pelatih Timnas Wanita Vietnam, Mai Duc Chung. (Instagram/@theaseanfootball)

Meski memilih mundur, Mai Duc Chung berjanji siap memberikan bantuan keada federasi. Termasuk, mencari penggantinya sebagai pelatih Timnas Wanita Vietnam.

"Saya telah mempertimbangkan, mungkin nanti (juru taktik baru) pelatih asing. Sata dapat bekerja sebagai konsultan, tetapi tidak secara langsung. Jika diterima, saya pergi ke Piala Dunia Wanita 2023 bersama tim," pungkasnya.

Kendati begitu, pihak Federasi Sepak Bola Vietnam mengaku belum mendapat pengajuan resmi dari Mai Duc Chung terkait pengunduran dirinya.

Baca Juga:
Namanya seperti Legenda Dunia, 3 Pemain Timnas U-23 Diledek Media Vietnam

Terlepas dari semuanya, Mai Duc Chung adalah pelatih kawakan Vietnam. Ia berhasil mengantarkan Timnas Wanita Vietnam meraih empat medali SEA Games (2003, 2005, 2017 dan 2019).

Mai Duc Chung juga membawa anak asuhnya meraih posisi kelima Piala Asia Wanita 2022. Adapun prestasi paling gemilang yakni mengantarkan Vietnam untuk pertama kali dalam sejarah ke Piala Dunia Wanita 2023.

Baca Juga:
Profil Privat Mbarga, Pemain Bali United yang Kemaluannya Ditendang Kipuw

Load More