Rauhanda Riyantama
Aksi debut Luis Diaz saat Liverpool kalahkan Cardiff City 3-1 di Piala FA. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Kisah sukses yang berhasil dicatatkan oleh bintang baru Liverpool, Luis Diaz, hingga mencapai titik sekarang ini ternyata harus menempuh perjalanan panjang yang menyentuh hati.

Sebab, perjalanan Luis Diaz untuk menjadi salah satu pemain bintang Liverpool turut diwarnai dengan jalan yang berliku.

Pemain berusia 25 tahun itu lahir di Barrancas, Kolombia. Diaz adalah anak yang berasal dari suku Wayuu, salah satu etnis di Kolombia yang pernah diserang endemi gizi buruk.

Baca Juga:
Hasil Piala FA: Luis Diaz Debut & Assist, Liverpool Hajar Cardiff City 3-1

Dari laporan yang ditulis BBC, sebanyak 4.770 anak dari suku Wayuu meninggal karena kekurangan gizi pada 2008 hingga 2016.

Meskipun Diaz tak terbebas dari masalah gizi buruk, dia menjadi salah satu anak di suku Wayuu yang nasibnya cukup beruntung.

Sebab, dia memiliki bakat bermain sepak bola hingga akhirnya ditemukan oleh seorang pelatih bernama Pocillo.

Baca Juga:
Video Witan Sulaeman Cetak Gol Debut Cantik buat FK Senica

Pocillo mengatakan, bakat Diaz mengolah kulit bundar sudah tampak sejak dini. Dia meyakini bahwa Diaz bakal menjadi pemain hebat meski tubuhnya sangat kurus karena kekurangan gizi.

Aksi debut Luis Diaz saat Liverpool kalahkan Cardiff City 3-1 di Piala FA. (PAUL ELLIS / AFP)

“Untuk sesaat, kami berpikir bahwa dia akan kesulitan untuk tampil karena Lucho memiliki masalah kekurangan gizi. Dia sangat kurus dan kalah dalam duel dengan pemain lawan,” katanya kepada BBC.

“Namun demikian, dia sangat cepat dan memiliki teknik yang bagus. Bola akan menempel di kakinya seperti lem,” lanjutnya.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: PSIS Diimbangi Persik, Persita Hajar Persiraja

Saat itu Luis Diaz merupakan salah satu pemain yang sukses melewati seleksi panjang dan akhirnya terpilih dalam 26 nama pemain di skuad Kolombia.

Tim ini terjun di ajang Copa Americana de Pueblos Indigenas, sebuah turnamen antarmasyarakat adat di Amerika Selatan.

Sejak saat itu, karier sepak bola Diaz seperti terbuka. Dia mulai mendapatkan peluang untuk memperbaiki nasibnya lewat dunia kulit bundar.

Baca Juga:
Lazio Dikaitkan dengan Pratama Arhan, Maurizio Sarri Buka Suara

Klub pertama yang disinggahi Diaz ialah Barranquilla FC pada 2016-2017. Kemudian, dia pindah ke Atletico Junior pada 2017 hingga 2019.

Bakatnya kemudian tercium oleh klub asal Portugal, Porto, hingga akhirnya direkrut pada tahun 2019. Di sana, ia sukses meraih sejumlah prestasi.

Dan kini Luis Diaz baru saja melakoni debut saat Liverpool mengalahkan Cardiff City 3-1 di ajang Piala FA, Minggu (6/2/2022) malam WIB. Bahkan ia turut mencetak assist untuk gol Takumi Minamino.

Kemenangan ini membuat Liverpool lolos ke putaran kelima Piala FA. The Reds akan melawan Norwich City seturut hasil pengundian yang sudah dilakukan sebelum kick-off.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More