Rauhanda Riyantama
Morodok Techo Stadium, salah satu venue untuk Piala AFF U-23 2022. (LON JADINA / AFP)

Bolatimes.com - Piala AFF U-23 2022 akan digelar dalam hitungan hari. Untuk itu, ada baiknya melihat venue penyelenggaraan yang terbilang mewah, yakni Morodok Techo Stadium dan Prince Stadium yang ada di Kamboja.

Adapun Piala AFF U-23 akan digelar sejak tanggal 14 hingga 26 Februari 2022 mendatang. Kamboja menjadi negara tempat penyelenggaraan ajang antar timnas kelompok umur ini.

Kamboja ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) pada November 2021 lalu. Penunjukkan ini pun lantas disambut antusias oleh Presiden Federasi Sepak Bola Kamboja (CFF), Sao Sokha.

Baca Juga:
Profil Timnas Malaysia U-23, Calon Lawan Indonesia di Piala AFF U-23 2022

“Saya berterima kasih kepada mereka (AFF) yang telah mempercayai kami. Kami akan pastikan bahwa turnamen akan berjalan aman dan sukses,”ujar Sao Sokha dikutip dari Khmer Times.

Di Kamboja nanti, Piala AFF U-23 akan diselenggarakan di dua stadion megah, yakni Morodok Techno Stadium dan Prince Stadium.

Lantas, seperti apa kemegahan kedua venue penyelenggaraan Piala AFF U-23 di Kamboja itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
Dani Carvajal Bocorkan Kapan Kylian Mbappe Gabung ke Real Madrid

1. Morodok Techo Stadium

Morodok Techo Stadium, salah satu venue untuk Piala AFF U-23 2022. (KT/Yuen Punlue)

Morodok Techo Stadium adalah stadion yang baru saja dibangun dan ditujukan untuk penyelenggaraan SEA Games 2023 mendatang.

Hanya saja, konstruksinya yang telah usai membuat stadion ini pun akan dipakai guna penyelenggaraan Piala AFF U-23 2022.

Baca Juga:
Peta Kekuatan Grup A Piala AFF U-23 2022, Kamboja Berpeluang Besar Lolos

Stadion ini didapatkan Kamboja dari China, mengingat hubungan baik kedua negara. Adapun untuk pembangunan stadion ini dilaporkan memakan dana hingga Rp2,4 triliun.

Morodok Techo Stadium memiliki rancangan seperti perahu di mana kedua ujungnya menyerupai buritan dan haluan kapal. Desain ini menjadi gambaran hubungan baik Kamboja dan China.

Selain menggambarkan hubungan baik kedua negara, desain stadion itu juga menyerupai ‘Sampeah’ yang tak lain ada salam tradisional rakyat Kamboja.

Baca Juga:
Waspada Invasi Rusia, Mantan Petinju Ukraina Daftar Jadi Tentara Cadangan

Stadion ini dikelilingi oleh parit lebar dengan air mancur sebagai penghormatan untuk candi terbesar di Kamboja, Angkor Wat. Untuk tinggi stadion sendiri, terdiri dari lima lantai.

Kapasitas Morodok Techo Stadium sendiri mencapai 75 ribu orang yang dilengkapi dengan fasilitas kelas wahid, seperti lapangan berstandar internasional, lintasan lari dan kolam renang ukuran Olimpiade.

Tak cukup sampai di situ, ada pula ruang pemanasan, gym dan pusat olahraga air. Stadion ini pun juga bisa digunakan untuk olahraga lainnya seperti Basket, Kriket dan Bulu Tangkis.

Kesan modern juga terlihat dari tempat duduk, di mana Morodok Techno Stadium menggunakan Single Seat dengan warna dominan biru dan Sebagian warna putih, abu-abu dan merah yang membentuk pola gradasi acak.

2. Prince Stadium

Prince Stadium, salah satu venue Piala AFF U-23 2022. (Instagram/visakhafc_prideofcambodia)

Venue kedua adalah Prince Stadium atau biasa dikenal sebagai Vishaka Stadium. Stadion yang terletak di Phnom Penh ini merupakan milik swasta dan baru dibangun pada 2018 lalu serta resmi dibuka pada 2019.

Berbeda dengan Morodok Techno Stadium, Prince Stadium ini terkesan lebih kecil karena hanya memiliki kapasitas 10 ribu penonton saja.

Meski terkesan minimalis, Prince Stadium punya fasilitas bak stadion-stadion ternama di Eropa, seperti kursi Single  Seat dan lampu standar FIFA 1500 lux.

Bahkan di kamar ganti pemain saja, terdapat fasilitas kelas wahid seperti sauna, tempat pijat hingga ruang pemanasan.

Stadion ini rencananya akan digunakan untuk laga grup B dan C Piala AFF U-23 2022. Dengan kata lain, inilah venue yang akan digunakan Timnas Indonesia kelak.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More