Rauhanda Riyantama
Para pemain Timnas Iran melakukan selebrasi usai lolos ke Piala Dunia 2022. (ATTA KENARE / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Iran mencatatkan torehan apik dengan menjadi tim Asia pertama yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar pada November mendatang.

Iran berhasil memastikan diri sebagai tim Asia pertama yang lolos ke panggung Piala Dunia 2022 usai meraih kemenangan atas Irak dengan skor tipis 1-0, Kamis (27/01/22).

Adapun gol kemenangan Iran dicetak oleh penyerang FC Porto, Mehdi Taremi memanfaatkan umpan dari eks penyerang Feyenord Rotterdam, Alireza Jahanbakhsh di menit ke-48 babak kedua.

Baca Juga:
Aston Villa Boyong Pemain Top Lagi, Kali Ini Calum Chambers dari Arsenal

Kemenangan ini membuat Iran meraih total 19 poin dari tujuh laga yang telah dijalani dan memuncaki klasemen grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Kemenangan atas Irak itu nyatanya membuat Iran unggul 10 poin atas Uni Emirat Arab yang duduk di peringkat ketiga grup A. Dengan kata lain, poin Team Melli, julukan Iran, tak mungkin lagi di kejar di sisa pertandingan yang ada.

Adapun negara yang lolos ke Piala Dunia 2022 adalah dua tim yang berada di dua peringkat teratas masing-masing grup. Itu artinya, dengan tiga pertandingan sisa Uni Emirat Arab akan bersaing dengan Korea Selatan yang ada di tempat kedua.

Baca Juga:
Akrab Banget, Anak Shin Tae-yong dan Asnawi Nobar Indonesia vs Timor Leste

Keberhasilan Iran ini menjadi catatan gemilang bagi tim asuhan Dragan Skocic tersebut. Pasalnya, kelolosan ini menjadi kelolosan ketiga Team Melli dalam tiga edisi Piala Dunia secara beruntun.

Meski menjadi catatan gemilang, justru Dragan Skocic akan terbebani tugas berat. Ia diharapkan mampu membawa Iran lolos ke babak gugur.

Di setiap edisi Piala Dunia sebelumnya, Iran selalu gagal lolos ke fase grup dan langkahnya kerap terhenti di babak grup ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga:
Tak Mau Salahkan Dedik, Shin Tae-yong Tegur Semua Pemain Timnas Indonesia

Di sisi lain, Korea Selatan hanya membutuhkan satu kemenangan untuk lolos ke Piala Dunia 2022 menemani Iran dari grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Para pemain Timnas Iran melakukan selebrasi usai lolos ke Piala Dunia 2022. (ATTA KENARE / AFP)

Hasil dari Grup B

Berbeda dengan grup A yang telah mengirimkan satu tim ke putaran final Piala Dunia 2022, perebutan tiket di grup B masih berlangsung dengan amat sangat ketat.

Baca Juga:
Jadi Bintang Kemenangan atas Timor Leste, Pratama Arhan Ogah Besar Kepala

Dengan tiga pertandingan tersisa, empat tim masih berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia 2022, yakni Arab Saudi, Jepang, Australia, dan Oman.

Hanya saja, Oman tak terlalu diunggulkan dan baru bisa lolos andai mampu menyapu bersih laga tersisa dan dua dari tiga pesaingnya mengalami kekalahan di partai tersisa.

Sehingga, dua tiket otomatis ke Piala Dunia 2022 saat ini tinggal diperebutkan oleh Arab Saudi, Jepang dan Australia yang bertengger di posisi pertama, kedua dan ketiga grup B.

Arab Saudi dalam posisi yang lebih baik karena telah mengoleksi 19 poin dari tujuh pertandingan. Tim berjuluk Green Falcons ini hanya membutuhkan setidaknya dua kemenangan lagi untuk menyegel tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Lain halnya dengan Jepang dan Australia yang mau tak mau harus menyapu bersih setiap laga tersisa demi memuluskan ambisi meraih tiket otomatis ke putaran final.

Sedangkan rival Timnas Indonesia, yakni Vietnam, telah dipastikan tak lolos karena gagal meraih satu kemenangan pun dari tujuh laga yang telah dijalani di grup B Kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More