Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong menegaskan bahwa Timnas Indonesia susah merajai sepak bola Asia Tenggara jika penampilannya tak berkembang. Murkanya pelatih asal Korea Selatan itu buntut menang susah payah lawan Timor Leste

Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste dalam laga uji coba internasional (FIFA Matchday) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Di laga tersebut, skuat Garuda tertinggal 0-1 selama 60 menit sebelum mampu membalikan keadaan dan menang dengan skor meyakinkan 4-1.

Terlepas dari hasil, performa timnas Indonesia tidak membuat Shin Tae-yong terkesan. Dia merasa kecewa dan menganggap apa yang ditampilkan Alfreandra Dewangga dan kawan-kawan tak mencerminkan tim tangguh ASEAN.

Baca Juga:
Pratama Arhan Gemilang, Timnas Indonesia Bantai Timor Leste dengan Skor 4-1

"Dengan performa seperti itu, kami tak akan bisa menjadi tim kuat di Asia Tenggara," tutur pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dikutip dari rilis PSSI.

"Pertandingan kali ini sangat-sangat mengecewakan. Penampilan tim tidak memuaskan. Kami harus segera mengevaluasi diri agar berkembang lebih baik," imbuhnya.

Bek kiri timnas Indonesia Pratama Arhan juga mengakui bahwa dia dan rekan-rekannya tidak puas dengan permainan mereka saat menggulung Timor Leste. Ia berjanji timnas akan memperbaiki performa di leg kedua nanti.

Baca Juga:
Dedik Setiawan Buang Kesempatan Depan Gawang, Netizen: Lord Emang Beda

"Banyak kekurangan yang harus diperbaiki, satu demi satu. Kami akan mengikuti instruksi dari pelatih," kata Pratama.

Timnas Indonesia tertinggal terlebih dahulu setelah penyerang Timor Leste Paulo Freitas melesakkan gol pada babak pertama. Timor Leste bahkan bisa saja unggul dua gol sebelum turun minum andai tendangan penalti Mouzinho de Lima tak mampu ditepis kiper Syahrul Fadillah.

Indonesia lalu membalas dan akhirnya unggul berkat sumbangan gol Ricky Kambuaya, Pratama Arhan (penalti) dan bunuh diri dua pemain Timor Leste yakni Georgino Da Silva serta Filomeno Junior pada paruh kedua.

Baca Juga:
Edo Febriansyah Blunder, Paulo Gali Langsung Jebol Gawang Timnas Indonesia

Pertandingan kedua Indonesia melawan Timor Leste akan digelar pada Minggu (30/1) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Load More