Rauhanda Riyantama
Sam Kerr, pemain Timnas Wanita Australia dan Chelsea. (Instagram/samanthakerr20)

Bolatimes.com - Samantha Kerr, cetak lima gol ke gawang Timnas Wanita Indonesia di babak penyisihan grup Piala Asia Wanita 2022. Berikus ulasan menarik soal penyerang Chelsea tersebut.

Timnas Wanita Australia meraih kemenangan sangat besar saat melawan Indonesia di babak penyisihan grup Piala Asia Wanita 2022, Samantha Kerr jadi bintangnya.

Digelar di Mumbai Football Arena, India pada Jumat (21/1/2022) Australia sukses menekuk Indonesia dengan skor sangat telak 18-0.

Baca Juga:
Perjalanan Karier Witan dan Egy hingga Jadi Rekan Setim di FK Senica

Lima dari 18 gol yang tercipta dicetak oleh striker andalan Australia yang bermain untuk raksasa Premier League, Chelsea, Samantha Kerr.

Sam Kerr sejatinya bisa menambah perolehan golnya di laga ini lewat eksekusi penalti pada menit ke-6, sayangnya bola hasil sepakannya mengenai mistar gawang.

Aksi striker Chelsea, Samantha Kerr saat menghadapi Indonesia di Piala Asia Wanita 2022. (PSSI)

Memiliki nama lengkap Samantha May Kerr, kapten timnas Australia Wanita ini merupakan perempuan kelahiran East Fremantle pada 10 September 1993.

Baca Juga:
Dikritik Haruna, Shin Tae-yong Curhat Begini ke Media Korea Selatan

Karier sepak bola profesionalnya sudah dimulai sejak umur 15 tahun membela Perth Glory, tepatnya sejak 2008 hingga 2012.

Setelahnya ia hijrah ke Amerika Serikat bermain untuk Western New York Flash di Liga Sepak Bola Wanita AS (NWSL), lalu kembali ke Perth Glory pada 2014.

Sebelum gabung Chelsea pada 2020, Sam Kerr lebih dulu membela Sky Blue FC dan Chicago Reds Stars medio 2015-2019, tentu selama perjuangannya itu banyak fakta menarik.

Baca Juga:
Bikin Gerah! Sesi Pemotretan Eks Bintang WWE di Pinggir Laut

Sebelum berhasil melewati torehan Tim Cahill soal mencetak gol terbanyak timnas Australia, berikut ini lima fakta menarik soal Sam Kerr dilansir dari FIFA.com.

1. Keluarga Olahragawan

Bakat sepak bola sudah turun-menurun, DNA sepak bola sudah ada di dalam diri Sam Kerr karena striker ini berasal dari keluarga olahragawan.

Baca Juga:
Digdaya di Piala Asia Wanita, Australia Punya 10 Pemain yang Mentas di EPL

Ayah dan juga saudara laki-laki Sam Kerr merupakan pesepak bola profesional Australia.

2. Tak Mengerti Offside

Sam Kerr memulai bermain sepak bola sejak usianya masih 12 tahun, menurut pengakuannya saat itu ia sama sekali tidak paham aturan termasuk offside.

Karena itu ia merasa heran mengapa rekan setimnya tak pernah mengumpan bola kepadanya saat bertanding.

"Saya benar-benar jelek di musim pertama saya. Saya tidak tahu aturannya, saya tidak tahu offside, saya tidak mengerti mengapa tidak ada yang mengoper bola kepada saya." ucap Sam.

3. Bangga Warisan India

Ayah Sam Kerr berasal dari India, lahir di Kolkata sebelum pindah ke Australia dan Sam mengaku sangat bangga dengan warisan Indianya.

4. Gelar Terbanyak

Samantha Kerr merupakan pesepak bola profesional Australia dengan lima gelar pemain terbaik di negaranya.

Ia menjadi satu-satunya pesepak bola profesional pertama yang bisa meraih gelar tersebut sebanyak lima kali, tak ada pemain lain yang menyamai.

5. Hubungan dengan Kristie Mewis

Samantha Kerr diketahui menjalin hubungan dengan gelandang timnas Amerika Serikat, Kristie Mewis.

Kristie Mewis yang juga merupakan lawannya dalam perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Kontributor: Eko
Load More