Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pelatih Thailand Alexandre Polking (kiri) merayakan kemenangan tim pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola Piala AFF 2020 melawan Vietnam di Stadion Nasional di Singapura pada 23 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Bolatimes.com - Kepulangan Timnas Thailand ke negaranya seusai menjuarai Piala AFF 2020 disambut haru. Sang pelatih, Alexandre Polking banjir air mata,

Sukses membawa pulang trofi Piala AFF 2020, Alexande Polking tak kuasa menahan haru. Ia menangis di hadapan suporter yang sudah menanti skuad Gajah Perang.

Thailand berhasil menyabet gelar juara Piala AFF 2020 usai mengalahkan timnas Indonesia di babak final yang berlangsung dua leg.

Baca Juga:
Dua Pelatih Mundur usai Timnya Dihajar Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Pada leg pertama, tim asuhan Polking menang telak 4-0. Lanjut di pertemuan kedua, laga berakhir imbang 2-2 hingga mengubah agregat menjadi 6-2 untuk kemenangan Thailand.

Setelah menjalani laga final, rombongan Thailand langsung pulang ke negaranya pada Minggu (2/1/2022). Mereka pun mendapatkan sambutan meriah saat tiba di Bandara Suvarnabhumi.

Pada kesempatan itu, Alexandre Poliing kemudian melakukan wawancara singkat di depan para suporter sepak bola Thailand. Ia pun tak kuasa menahan tangis bahagia.

Baca Juga:
3 Opsi Striker untuk Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang, para pemain, dan penggemar sepak bola Thailand yang mendukung saya," ucap Polking dikutip dari Siam Sport pada Senin (3/1/2022).

Thailand bawa dengan trofi juara Piala AFF 2020 saat tiba di negaranya. (Dok. Siam Sport)

"Semuanya berjuang bersama, mendedikasikan baik fisik atau mental hingga bisa sukses menjadi juara seperti yang kami cita-citakan. Saya sangat senang menjadi bagian dari tim nasional Thailand. Saya benar-benar berterima kasih kepada semua orang," tutupnya.

Berkat kemenangan ini, Thailand semakin mengukuhkan diri sebagai negara paling banyak meraih juara Piala AFF. Mereka sudah mengoleksi enam trofi.

Baca Juga:
Teka-teki Nasib Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam usai Piala AFF 2020

Sedangkan timnas Indonesia yang kalah juga menambah catatan buruknya ketika di final. Skuad Garuda sejauh ini sudah tampil di final sebanyak enam kali dan semuanya berakhir dengan status runner-up.

Timnas Thailand sendiri usai juara Piala AFF 2020 tidak akan bersantai. Mereka akan bersiap untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8,11, dan 14 Juni.

Baca Juga:
5 Pemain yang Patut Dipertahankan Persis Solo untuk Arungi Liga 1

Load More