Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Lillian Suwanrumpha/AFP).

Bolatimes.com - Tan Cheng Hoe resmi mengundurkan diri dari jabatan pelatih Timnas Malaysia seusai gagal di Piala AFF 2020. Terhitung mulai Senin (3/1/2021), ia bukan pelatih Malaysia.

Kabar pengunduran diri Tan Cheng Hoe diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan seketika menggemparkan pecinta sepak bola Negeri Jiran.

Melalui pengumumannya, FAM menyebut Tan Cheng Hoe mundur lantaran gagal membawa Timnas Malaysia bersinar di Piala AFF 2020. Diketahui, Malaysia tersingkir seusai ditumbangkan Timnas Indonesia dengan skor 1-4 di laga terakhir fase grup.

Baca Juga:
6 Potret Marshella Aprilia, Kekasih Pratama Arhan yang Mirip Danilla Riyadi

"FAM hari ini ingin mengumumkan bahwa pelatih Tan Cheng Hoe telah membuat keputusan untuk melepas jabatannya," bunyi pengumuman FAM.

"Cheng Hoe telah mengadakan pembicaraan dengan pihak pengurus FAM dan menyatakan hasratnya itu karena kegagalan membawa Malaysia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 di Singapura," lanjut FAM.

"Setelah berbicara secara terbuka dari semua sudut, FAM menghormati keputusan itu dan telah setuju melepas Cheng Hoe dengan persetujuan kedua belah pihak," terang pernyataan itu.

Baca Juga:
Kekasih Pratama Arhan Ramai Digeruduk, Netizen: Pacarmu Semangatku Mbak

Tan Cheng Hoe mundur dari pelatih Timnas Malaysia. (Instagram/@famalaysia)

Buntut dari pengunduran diri Tan Cheng Hoe, FAM justru terkena imbasnya. Pecinta sepak bola Malaysia ramai-ramai menggeruduk Instagram FAM.

Banyak yang memberikan komentar bernada iba dengan juru taktik berusia 53 tahun tersebut. Tak sedikit yang menuding ada unsur politik di balik keputusan ini hingga menyindir FAM.

"Coach jadi kambing hitam terus, jabatan diisi orang dalam," kata @muham***.

Baca Juga:
Elkan Baggott Merasa Timnas Indonesia Punya Masa Depan yang Cerah

"Seharusnya orang dalam FAM yang mundur bukan TCH," tulis @hel***.

"Kasian TCH jadi kambing hitam...setelah ini siapa yang akan jadi kambing hitam selanjutnya?," tanya @tajdi***.

"Jadi kambing hitam lagi," terang @nur***.

Baca Juga:
Elkan Dilarang Main di Final Piala AFF 2020, Media Inggris: Kontroversial!

Menilik sepak terjang, Tan Cheng Hoe sempat menjabat sebagai asisten pelatih kala Timnas Malaysia menjadi juara Piala AFF 2010.

Saat jadi pelatih, ia sukses mengantarkan Harimau Malaya ke final Piala AFF 2018 meski akhirnya kalah dari Vietnam. Sementara di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, timnas Malaysia dibawa Tan Cheng Hoe bermain bagus.

Load More