Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking (kanan) memberi isyarat di samping pelatih Vietnam Park Hang-seo saat pertandingan leg kedua semifinal sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Vietnam dan Thailand di Stadion Nasional di Singapura pada 26 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Bolatimes.com - Pelatih Thailand, Alexandre Polking menyentil Vietnam jelang leg 2 lawan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 yang akan digelar Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Timnas Thailand memiliki modal bagus di final, setelah menang 4-0 atas Indonesia di leg 1, Rabu (29/12/2021) lalu.

Alexandre Polking bertekad mempertahankan kemenangan yang telah didapat tim Gajah Perang. Ia menegaskan, Thailand ingin menjadi tim terbaik.

Baca Juga:
Bawa Persis Solo Kampiun Liga 2, Irfan Bachdim Bikin Bangga Istri dan Anak

Tak hanya Vietnam yang selama ini sesumbar menjadi tim sepak bola nomor wahid di ASEAN.

"Tidak hanya Vietnam yang ingin menjadi nomor satu di Asia Tenggara, Thailand harus terus membuktikan diri," ujarnya saat konferensi pers virtual seperti disadur dari Zingnews, Jumat (31/12).

Menurutnya, timnya memiliki potensi yang bagus sehingga tak menutup kemungkinan menggeser Vietnam yang dikalahkan oleh mereka di babak semifinal Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Soal Niat Hadir ke Ruang Ganti Timnas, Ketum PSSI Bilang Begini

"Kami memiliki pemain yang berpengalaman, tetapi jika ingin melangkah lebih jauh perlu penerus. Timnas Thailand U-23 memiliki pemain seperti itu, tetapi pemain yang bermain di final di Uzbekistan sedang tumbuh dewasa," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Polking mengatakan menjadi juara Piala AFF 2020 bukanlah satu-satunya tujuan timnya. Ada banyak yang harus dilakukan di masa depan.

Ia pun berharap bisa ambil bagian dalam kesuksesan Timnas Thailand di masa yang akan datang.

Baca Juga:
Peraih Penghargaan Liga 2 2021: Beto Top Skor, Rifal Lastori Pemain Terbaik

"Kami tidak hanya ingin menang saat ini. Ketika Thailand menang, semuanya belum berakhir. Kami harus melihat ke masa depan dan saya berharap bisa menjadi bagian di dalamnya," ujar Polking.

Baginya, laga melawan Timnas Indonesia di leg kedua, lebih nyaman dibandingkan saat menghadapi Vietnam yang membuat timnya harus bermain bertahan.

"Sebenarnya, saya tidak terlalu puas di semifinal melawan Vietnam. Mereka adalah tim yang berkualitas dan mendorong kami ke situasi bertahan," pungkasnya.

Baca Juga:
Persis Solo Juara Liga 2 2021 usai Kalahkan Rans Cilegon FC 2-1

Load More