Rauhanda Riyantama
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kedua kanan) menghalau bola dari pesepak bola Timnas Thailand Tristan Do (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Bolatimes.com - Leg pertama final Piala AFF 2020 baru saja digelar yang mana Thailand berhasil menang besar atas Indonesia dengan skor 4-2. Namun pertandingan tersebut mendapat cibiran dari media Vietnam karena dinilai aneh.

Usut punya usut, media Vietnam menyoroti bahwa kedua negara tersebut tak bisa membentangkan bendera di partai final. Oleh sebab itu, laman Danviet menyebut bahwa pertemuan ini adalah final teraneh sepanjang Piala AFF.

"Dua final Piala AFF 2020 akan berlangsung tidak seperti sebelumnya dalam sejarah turnamen," tulis Danviet.

Baca Juga:
Sudah di Depan Kiper, Momen Alfeandra Dewangga Gagal Bobol Gawang Thailand

"Dengan penalti WADA, final Piala AFF 2020 akan dicatat dalam sejarah, karena insiden ini Indonesia dan Thailand tidak diperbolehkan menggunakan bendera negara selama lagu kebangsaan, upacara penerimaan piala dan medali untuk tim pemenang,'' jelas pernyataan mereka.

Baik Timnas Indonesia dan Thailand memang sama-sama tidak bisa menggunakan bendera negara di ajang olahraga internasional. Hal itu dikarenakan kedua negara sedang menjalani sanksi dari lembaga Anti Doping Dunia (WADA).

Selama di Piala AFF 2020, mulai dari babak penyisihan grup hingga final, Timnas Indonesia dan Thailand tidak diperbolehkan menggunakan bendera negara. Sebagai gantinya pengibaran bendera diganti dengan logo dua federasi sepak bola nasional, FAT dan PSSI.

Baca Juga:
Link Live Streaming PSIM vs Dewa United, Duel Demi Tiket Promosi!

Sementara itu, Thailand memang bermain superior ketika menghadapi timnas Indonesia. Tim berjuluk Gajah Perang tersebut menang empat gol tanpa balas.

Chanathip Songkrasin menyumbang dua gol untuk Thailand. Kemudian dua gol lainnya masing-masing disumbangkan oleh Supachok Sarachat dan Bordin Phala.

Baca Juga:
Indonesia Dibantai, Eks Vietnam Minta Leg ke-2 Final Piala AFF Ditiadakan

Kontributor: Kusuma Alan
Load More