Rauhanda Riyantama
Kiper Islandia, Hannes Halldorsson, menepis penalti bintang Argentina, Lionel Messi.

Bolatimes.com - Daftar pesepak bola yang paling sering gagal mengeksekusi penalti menarik untuk dibahas. Mengejutkannya, Lionel Messi jadi pemain yang paling sering gagal.

Melakukan eksekusi penalti memang terlihat mudah. Berdiri 1 melawan 1 dengan penjaga gawang tanpa pengawalan, membikin peluang mencetak gol amatlah besar.

Tapi jangan salah. Ada sejumlah nama yang kerap gagal dan bisa dibilang punya catatan yang cukup sering dalam mengeksekusi sepakan 12 pass itu.

Baca Juga:
Momen Jonatan Christie Melamar Shanju Eks JKT48, Akhir Penantian 5 Tahun

Siapa saja mereka? Berikut Bolatimes rangkum dari berbagai sumber.

1. Antonio Di Natale

Legenda sepak bola Italia dan Udinese, Antonio Di Natale, merupakan penyerang ulung saat masih aktif bermain. Tercatat, ia sudah mengoleksi 227 gol dari 445 laga.

Baca Juga:
5 Pemain Thailand yang Wajib Diwaspadai Indonesia di leg 1 Final Piala AFF

Dari sepanjang pertandingan yang sudah ia jalani, Di Natale mendapat kesempatan mencetak gol dari titik putih sebanyak 55 kali. Namun, 14 di antaranya berujung kegagalan.

2. Zlatan Ibrahimovic

Aksi Zlatan Ibrahimovic saat AC Milan kalahkan AS Roma 2-1 di Liga Italia. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Ibrahimovic sudah mencapai usia 40 tahun. Kendati sudah tak lagi muda, kapten Timnas Swedia ini masih bisa menyarangkan 7 gol dari 11 laga musim ini.

Baca Juga:
Ramalan Shin Tae-yong Meleset Soal Tim yang Tampil di Final Piala AFF 2020

Bicara soal penalti, Ibrahimovic mendapatkan 100 kali mencetak gol dari titik putih. Namun, 16 diantaranya gagal berujung gol.

3. Francesco Totti

Totti adalah salah satu pemain AS Roma yang cukup sering mengambil sepakan penalti. Tercatat, kapten Giallorossi itu mendapatkan 99 kali kesempatan.

Baca Juga:
2 Kelebihan Thailand Diklaim Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia di Piala AFF

Namun, dari seluruh aksinya, tak semua berujung gol. Ada 19 kali kesempatan Totti gagal menunaikan tugasnya dari titik putih.

4. Cristiano Ronaldo

Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo kecewa dikalahkan Serbia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 si Stadion da Luz, Lisbon, Senin (15/11/2021). (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Nama besar Cristiano Ronaldo tak luput dalam mengeksekusi penalti. Kendati sudah mencetak 801 gol sepanjang kariernya, ada sejumlah kegagalan yang dilaluinya.

Salah satunya sepakan penalti. Dari 171 kali kesempatan, eks bintang Real Madrid dan Juventus itu gagal sebanyak 28 kali.

5. Lionel Messi

Sama seperti Ronaldo, Lionel Messi juga pernah gagal mengeksekusi penalti. Sepanjang karier sepak bolanya di Timnas Argentina, Barcelona, dan PSG, ia mendapat kans 132 sepakan penalti.

Hanya, dari sejumlah upaya itu tak seluruhnya berujung gol. Tercatat, La Pulga sempat gagal mengeksekusi sepakan 12 pass sebanyak 29 kali.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More