Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

Bolatimes.com - Seorang pengamat sepak bola dari Vietnam, Hoang Cuong, mengatakan bahwa dua gol timnas Indonesia ke gawang Singapura pada laga leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020 berbau offside.

Dua gol yang dimaksud Huang Cuong ialah yang dicetak Pratama Arhan ketika menyamakan kedudukan pada menit ke-87.

Sebelum gol yang dicetak Pratama Arhan ini, timnas Indonesia sempat tertinggal 1-2 dari Singapura. Hoang Cuong menyebut pemain PSIS Semarang ini sudah berada dalam posisi offside sebelum Witan Sulaeman melepaskan sepakan.

Baca Juga:
Jadwal Boxing Day Liga Inggris: Ada Duel Man United vs Leicester

Kemudian, gol kedua yang berbau offside yang dimaksud oleh Hoang Cuong ialah terciptanya gol keempat timnas Indonesia.

Gol ini berawal dari penetrasi Egy Maulana Vikri ke jantung pertahanan lawan sebelum akhirnya melepaskan sepakan yang salah diantisipasi pemain Singapura, Shawal Anuar.

Kesalahan Shawal dalam mengadang bola justru membuat gawangnya sendiri kebobolan. Namun, dalam waktu yang bersamaan, ada Irfan Jaya yang juga mengejar bola.

Baca Juga:
Media Singapura Soroti 3 Keputusan Wasit yang Untungkan Timnas Indonesia

Huang Cuong mengatakan, Irfan Jaya sudah berada dalam posisi offside ketika Egy Maulana Vikri melepaskan sepakan ke arahnya.

“Pemain nomor 12 (Pratama Arhan) sudah berada dalam posisi offside ketika rekannya melepaskan tendangan,” kata Hoang Cuong dikutip dari Soha.vn, Minggu (26/12/2021).

“Kemudian, Irfan Jaya juga dalam posisi offside ketika pemain belakang Singapura gagal melakukan sapuan,” ia melanjutkan.

Baca Juga:
Penjelasan Shin Tae-yong soal Keributan yang Terjadi di Akhir Babak Pertama

Pertandingan pun harus dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu. Sebab, selama waktu normal, kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2.

Dua gol timnas Indonesia pada waktu normal dicetak oleh Ezra Walian (12’) dan Pratama Arhan (87’), sedangkan dua gol Singapura dicatat oleh Song Ui-young (25+5’) dan Shahdan Sulaiman (74’).

Kemudian, timnas Indonesia sukses melesakkan dua gol pada babak tambahan waktu, tepatnya melalui gol bunuh diri Shawal Anuar (93’) dan Egy Maulana Vikri (105+2’).

Baca Juga:
Nyaris Kalah karena Sepakan Bebas, Shin Tae-yong: Bak ke Surga atau Neraka

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More