Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda mencetak gol penalti ke gawang Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Bolatimes.com - Striker kawakan Thailand, Teerasil Dangda, mengukir sejarah di Piala AFF. Dia menjadi top skor sepanjang masa.

Thailand berhasil menang telak 4-0 dari Myanmar dalam lanjutan Piala AFF 2020, Sabtu (11/12/2021). Dalam laga tersebut, Teerasil Dangda mencetak dwigol atau brace.

Berkat tambahan dua gol tersebut, striker berusia 33 tahun mengukir namanya di buku sejarah Piala AFF karena sudah mencetak total 17 gol,

Baca Juga:
Segera Menikah, Nurhidayat dan Sarah Ahmad Sudah Sebar Undangan

Teerasil menjadi top skor sepanjang bersama legenda Singapura Noh Alam Shah. Bahkan, pemain Thailand itu punya kans besar untuk melewati torehan gol eks Persib di Piala AFF.

Pasalnya, Thailand sendiri masih punya dua sisa pertandingan di fase grup. Belum lagi tim berjuluk The War Elephants punya kans lolos ke semifinal.

Dengan sisa pertandingan itu, tak menutup kemungkinan bagi Teerasil Dangda untuk mencetak gol lagi dan melampaui rekor Noh Alam Shah.

Baca Juga:
Samuel Eto'o Terpilih Jadi Presiden Federasi Sepak Bola Kamerun

Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda, mengenakan ban kapten pelangi saat melawan Timor Leste. (Instagram/affsuzukicup)

Kendati demikian, Teerasil mengaku tidak ingin mengejar catatan pribadi. Dia menegaskan untuk fokus dalam kepentingan tim, sebab torehan pribadinya itu akan dianggap sia-sia jika Thailand gagal juara Piala AFF 2020.

"Sejak pertama bermain di turnamen ini (Piala AFF), saya tak berpikir akan menjadi pencetak gol terbanyak seperti ini. Saya tentu senang karena itu bagus bagiku," ucap Teerasil Dangda dikutip dari Matichon Online, Minggu (12/12/2021).

"Akan tetapi, hal terpenting bagi saya adalah tim (Thailand). Statistik tidak berarti bila tim tidak menang atau tidak meraih target," tegas striker yang kini bermain untuk BG Pathum United tersebut.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: City, Chelsea, Arsenal, Liverpool dan MU Menang

Sementara itu, Thailand kini berada di puncak klasemen Grup A Piala AFF 2020 dengan koleksi enam poin. Perolehan poin mereka sama dengan Singapura, tapi Teerasil dkk masih unggul dalam agregat gol.

Load More