Irwan Febri Rialdi
Billy Ketkeophomphone ingin bela Timnas Laos.(JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia boleh percaya diri karena merasa unggul materi pemain yang beberapa berkarier di luar Nusantara. Namun hal ini bisa menjadi bumerang, mengingat Laos pun punya beberapa pemain yang berkarier di negara lain.

Timnas Indonesia akan melanjutkan kampanyenya di  grup B Piala AFF 2020 kala bertemu Laos, Minggu (12/12/21).

Dalam pertandingan ini, Indonesia diunggulkan meraih kemenangan berbekal rekor pertemuan dan juga hasil dari pertandingan pertama saat melawan Kamboja.

Baca Juga:
Jelang Hadapi Malaysia, Kiper Vietnam Malah Jadi Bulan-bulanan

Di sisi lain, Laos berstatus Underdog di laga ini. Selain karena rekor buruk yang dimiliki, juga karena tim berjuluk Thim Xhad ini mengalami kekalahan di laga pertama Piala AFF 2020.

Di atas kertas, Indonesia jauh diunggulkan dari Laos. Apalagi Indonesia punya beberapa pemain yang berkarier di Eropa seperti Elkan Baggott bersama Ipswich Town dan Witan Sulaeman bersama Lechia Gdansk.

Namun keunggulan Indonesia ini bisa berbuah petaka. Sebab Laos saat ini punya pemain yang berpengalaman di luar negaranya sendiri.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia Vs Laos, Dua Kali Menang Telak 6-0

Lantas siapa saja pemain Laos yang berkarier di luar negeri? Berikut daftarnya.

1. Billy Ketkeophomphone

Billy Ketkeophomphone ketika berhadapan dengan PSGdi Ligue 1 2015. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Pemain yang baru dinaturalisasi Laos ini punya rekam jejak paling mentereng karena pernah bermain bersama tim-tim Ligue 1 Prancis. Saat ini, Billy Ketkeo tercatat bermain di kasta kedua Prancis bersama USL Dunkerque.

Baca Juga:
3 Bintang Laos yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia, Ada Striker Ligue 1

Di musim ini, Billy Ketkeo telah tampil sebanyak 3 laga tanpa sekalipun mencetak gol. Namun pengalamannya di Ligue 1 menjadi modal berharga baginya di Piala AFF 2020.

2. Phoutthasay Khochalern

Pemain Timnas Laos, Phoutthasay Khochalern. (Instagram/phoutthasay_khochalern)

Phoutthasay Khochalern menjadi gerbong pemain Laos lainnya yang berkarier di luar negeri. Tercatat saat ini ia membela tim kasta teratas Thailand, Samut Prakan City.

Baca Juga:
Krisis Pemain, Pelatih Malaysia Sesumbar Permalukan Vietnam

Phoutthasay Khochalern selalu menjadi andalan Samut Prakan City di mana ia bermain dalam 15 laga di Thai League 2021/22.

3. Mitsada Saitaifah

Pemain Timnas Laos, Phoutthasay Khochalern. (Instagram/phoutthasay_khochalern)

Pemain yang dikenal publik Indonesia karena pernyataan kontroversialnya ini juga bermain di luar Laos. Ia bermain di klub kasta ketiga Thailand bernama Pattani FC.

4. Soukaphone Vongchiengkham

Kapten sekaligus pemain dengan caps terbanyak saat ini untuk Laos itu juga berkarier di Thailand. Ia saat ini berstatus pemain dari Udon Thani FC, tim kasta kedua.

Sejauh ini, Soukaphone Vongchiengkham telah tampil dalam 15 laga bersama Udon Thani FC di mana ia telah mencetak 3 gol dan 1 assist.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More