Rauhanda Riyantama
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai menjebol gawang Arsenal pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB. (AFP/Oli SCARFF)

Bolatimes.com - Fase grup Liga Champions menjadi momen di mana 32 tim besar dari berbagai negara Eropa bertemu. Di babak ini pun kerap muncul drama dan rekor, salah satunya mengenai pencetak gol terbanyak.

Untuk musim 2021/22 ini, Liga Champions telah menemukan 16 tim terbaik dari 32 tim yang terbagi di delapan grup. Ke 16 tim ini akan diundi kembali guna menjalani fase Knock Out atau fase gugur.

Selama gelaran babak grup Liga Champions 2021/22, nama Sebastian Haller dari Ajax Amsterdam menjadi perbincangan.

Baca Juga:
Kasus Alex Goncalves vs Tira Persikabo Jadi Perhatian Presiden Brasil

Pasalnya, penyerang berkebangsaan Pantai Gading ini mampu mencetak gol di setiap laga atau di 6 laga fase grup. Total 10 gol telah dicetaknya yang menjadikannya top skor sementara Liga Champions saat ini.

Torehan apik Haller ini juga membuatnya bersanding dengan Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang selalu mencetak gol di 6 laga fase grup Liga Champions.

Meski mampu mencetak 10 gol di 6 laga fase grup musim ini, nyatanya Haller tak masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak di fase grup sepanjang sejarah Liga Champions.

Baca Juga:
Pelatih Persija Tolak Komentari Performa Ryuji Utomo di Timnas Indonesia

Lantas, siapa saja pemain yang paling banyak mencetak gol di fase grup Liga Champions? Berikut daftar 10 besarnya.

10. Sergio Aguero

Sergio Aguero berhasil mencetak hattrick ke gawang Chelsea pada pertandingan di Etihad Stadium, Minggu (10/2/2019) malam WIB. (PAUL ELLIS / AFP)

Penyerang asal Argentina ini berada di urutan ke-10 dalam daftar pencetak gol terbanyak di fase grup Liga Champions. Total 32 gol telah dicetaknya dalam 56 laga.

Baca Juga:
Kompak, Ayah Rachmat Irianto Juga Pernah Cetak 2 Gol di Piala AFF

9. Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero (Dok. weloba.com/Galih)

Di urutan ke-9 ada legenda Juventus, Alessandro Del Piero yang mampu mencetak 33 gol selama bermain di fase grup Liga Champions. Sedangkan secara keseluruhan, pemain berjuluk Il Pinturicchio ini mencetak 42 gol di Liga Champions.

8. Zlatan Ibrahimovic

Baca Juga:
Profil Syahrul Trisna, Jarang Didengar tapi Pilihan Shin di Piala AFF 2020

Aksi Zlatan Ibrahimovic saat AC Milan kalahkan Bologna 4-2 dalam lanjutan Liga Italia. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Di tempat ke-8 ada nama Zlatan Ibrahimovic yang telah mencetak 38 gol dalam 83 penyisihan grup. Penyerang AC Milan ini menjadi pemain dengan rasio gol terburuk di daftar ini.

7. Thierry Henry

Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)

Sama seperti Ibrahimovic, Thierry Henry juga telah mencetak 38 gol dalam 76 laga di babak grup Liga Champions. Torehan itu ia buat selama berseragam AS Monaco, Arsenal dan juga Barcelona.

6. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy saat berseragam Real Madrid (Pierrre-Philippe Marcou/AFP)

Di tempat ke-6 ada nama penyerang legendaris Barcelona, Ruud van Nistelrooy. Total 50 gol telah dicetaknya di babak grup, di mana torehan itu ia buat dalam 76 pertandingan.

5. Raul Gonzalez

Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez. (Dok. Real Madrid)

Mantan top skor sepanjang masa Liga Champions, Raul Gonzalez juga masuk dalam daftar ini. dari total 71 gol yang ia buat di ajang ini, 53 gol di antaranya ia buat di babak grup.

4. Karim Benzema

Aksi Karim Benzema saat Real Madrid kalahkan Sevilla dalam lanjutan Liga Spanyol. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Masih dari pemain yang berkaitan dengan Real Madrid, ada nama Karim Benzema yang mampu melesakkan 56 gol di babak grup Liga Champions. Torehan ini diyakini masih bisa bertambah seiring belum adanya tanda dirinya akan pensiun.

3. Robert Lewandowski

Selebrasi striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski usai bikin empat gol ke gawang Red Star Belgrade. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Tak sah rasanya jika tak memasukkan nama Robert Lewandowski di daftar ini. Sama seperti Benzema, 56 gol telah ia buat di babak grup Liga Champions dengan rasio 0,981 gol per pertandingan.

2. Cristiano Ronaldo

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo dihadang pemain Arsenal Ben White dan Takehiro Tomiyasu.pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB. (AFP/Oli SCARFF)

Jelas rasanya bila ‘Mr.Champions League’ akan berada di daftar ini. Cristiano Ronaldo telah mencetak 73 gol dari total 140 gol yang ia buat di ajang terpopuler di dunia ini.

1. Lionel Messi

Aksi Lionel Messi saat Paris Saint-Germain ditahan imbang Nice 0-0. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

Jika ada Cristiano Ronaldo, tentu ada Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga ini telah mencetak 76 gol di fase grup. Jumlah ini menjadi yang terbanyak dalam sejarah Liga Champions hingga musim 2021/22.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More