Rauhanda Riyantama
Jefferson Tabinas. (Twitter/@jeffersontabi)

Bolatimes.com - Kabar buruk datang dari Timnas Filipina. Salah satu pemainnya, Jefferson Tabinas, urung mentas di Piala AFF 2020.

Tabinas, yang merupakan pemain keturunan Ghana, ini, harus menerima kenyataan tak bisa bergabung dengan Filipina. Pemain 23 tahun itu terkendala izin keluar dari pemerintah Jepang karena varian virus corona Omicron sedang merebak di sejumlah negara.

Hal ini diketahui melalui cuitan salah satu laman media sosial AsianFootball. Dalam pernyataan tersebut, mereka mengkonfirmasi alasan di balik gagalnya Tabinas ke Singapura.

Baca Juga:
Pelatih Kamboja Tak Remehkan Timnas Indonesia Meski Tanpa Egy dan Elkan

"Jepang, tempat Tabinas bermarkas dan bermain untuk klub Liga J2 Mito Hollyhock, baru-baru ini memberlakukan pedoman yang lebih ketat setelah melaporkan kasus pertama varian Omicron," cuit AsianFootballs.

''Jepang memperketat aturan keluar masuk dari negaranya guna mencegah Covid-19 varian Omicron per akhir bulan November. Maka dari itu, klub kemungkinan tak ingin mengambil risiko jika pemain tersebut sulit kembali ke Jepang usai berlaga di AFF.''

Tanpa Tabinas, pelatih Filipina, Stewart Hall, buru-buru mencari pengganti Tabinas. Satu yang pasti, Filipina akan diperkuat pemain timnas U-23 mereka.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Tegaskan Tak Akan Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala AFF 2020

"Kami sebenarnya belum menggantikannya dengan pemain yang sudah siap. Kami punya dua bek tengah dari tim U-23 yang bisa langsung tampil dan jelas akan menjadi kesempatan bagus untuk salah satu dari mereka," jelas Hall.

Timnas Filipina akan memulai perjalanan mereka di Piala AFF pada Rabu (8/12). Adapun, The Azkals, akan menjamu tuan rumah Singapura di babak penyisihan Grup B.

Baca Juga:
Piala AFF 2020: Evan Dimas Kapten, Asnawi Mangkualam Wakil Kapten Timnas

Kontributor: Kusuma Alan
Load More