Irwan Febri Rialdi
Gelandang Liverpool asal Inggris, Conor Bradley (kiri) menghibur bek AC Milan Fikayo Tomori pada akhir pertandingan sepak bola Grup B Liga Champions antara AC Milan vs Liverpool di stadion San Siro, Rabu (8/12/2021). Milan harus tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 1-2 dari Liverpool. MIGUEL MEDINA / AFP.

Bolatimes.com - Hasil Liga Champions semalam, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB, AC Milan dibungkam Liverpool, sementara Inter Milan juga hancur di tangan Real Madrid.

Harapan AC Milan untuk melaju ke 16 besar Liga Champions pupus sudah. Hal itu terjadi setelah mereka takluk 1-2 dari Liverpool dalam matchday terakhir Grup B.

Dalam pertandingan di San Siro itu, AC Milan selaku tuan rumah harus takluk di tangan The Reds dengan skor tipis 1-2.

Baca Juga:
Buntut Komentar Pedas ke Wasit, Jude Bellingham Didenda Ratusan Juta

Milan sejatinya memulai laga dengan baik. Mereka bahkan membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-29 lewat gol Fukayo Tomori yang memanfaatkan assist Alessio Romagnoli.

Namun, Liverpool yang tampil dengan mayoritas pemain pelapis, tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan.

Tim asuhan Jurgen Klopp berhasil mengubah skor menjadi sama kuat 1-1 lewat Mohamed Salah pada menit ke-36.

Baca Juga:
Terancam Tak Lolos Grup Liga Champions, Barcelona Bisa Rugi Miliaran Rupiah

Gelandang Liverpool asal Inggris, Conor Bradley (kiri) menghibur bek AC Milan Fikayo Tomori pada akhir pertandingan sepak bola Grup B Liga Champions antara AC Milan vs Liverpool di stadion San Siro, Rabu (8/12/2021). Milan harus tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 1-2 dari Liverpool.MIGUEL MEDINA / AFP.

Di babak kedua, Liverpool dengan para pemain pelapisnya justru mampu tampil lebih dominan dalam hal penguasaan bola.

AC Milan selaku tuan rumah dibuat tertekan dengan pergerakan dan determinasi penggawa The Reds.

Kondisi itu pada akhirnya berbuah celaka untuk pasukan Stefano Pioli yang tengah mengincar kemenangan untuk menjaga harapan ke 16 besar tetap terbuka.

Baca Juga:
Momen Kocak Lucas Hernandez Batal Marah Setelah Berhadapan dengan Haaland

Alih-alih mencetak gol, Milan berbalik tertinggal 1-2 setelah penyerang Liverpool Divock Origi mencatatkan namanya pada menit ke-55.

Divock Origi menyambut bola rebound di dalam kotak penalti dan sukses menyambarnya dengan sundulan. Dia berhasil memasukkan bola ke sudut kanan atas gawang untuk membawa Liverpool comeback 2-1.

Selepas momen itu, Milan beberapa kali melancarkan serangan, tetapi gol yang mereka cari pada akhirnya tak tercipta. Skor 1-2 untuk kemenangan Liverpool bertahan hingga bubaran.

Baca Juga:
5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Ronaldo Unggul Jauh dari Messi

Para pemain PSG melakukan selebrasi usai Lionel Messi mencetak gol dalam pertandingan Grup A Liga Champions pada 8 Desember 2021. ANTARA/AFP/FRANCK FIFE.

Kekalahan ini membuat AC Milan mengakhiri fase grup Liga Champions di dasar klasemen dengan koleksi empat poin dari enam pertandingan.

Posisi mereka merosot satu strip setelah di laga lain, Atletico Madrid berhasil mengalahkan FC Porto dengan skor 3-1.

Kemenangan itu membuat Atletico, yang sebelumnya terbenam di dasar klasemen, berhak menemani Liverpool ke 16 besar dengan status runner-up bermodal tujuh poin.

Sementara Porto yang sebelumnya duduk di peringkat kedua, harus turun satu strip dan terpaksa menerima nasib turun ke Liga Europa.

Dari Grup A, RB Leipzig berhasil menaklukkan Manchester City 2-1. Kemenangan ini mengantarkan RB Leipzig mengunci satu tiket ke Liga Europa.

Dua gol Leipzig diciptakan oleh Domink Szoboszlai dan Andre Silva. Sementara City hanya bisa membalas melalui Riyad Mahrez.

Skuad RB Leipzig merayakan gol pembuka yang dicetak Dominik Szoboszlai (tengah) dalam pertandingan Grup A Liga Champions lawan Manchester City pada 8 Desember 2021. ANTARA/AFP/RONNY HARTMANN.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi City sebagai juara grup. Mereka hanya unggul satu poin dari PSG yang duduk di urutan kedua.

Di laga lain, Paris Saint-Germain (PSG) menutup fase grup Liga Champions dengan kemenangan telak atas tamunya, Club Brugge. Mereka berpesta gol hingga menang meyakinkan 4-1.

Kylian Mbappe dan Lionel Messi masing-masing mencetak brace untul Les Parisiens --julukan PSG-- dalam pertandingan ini. Sedangkan gol hiburan tim tamu dicetak oleh Mats Rits.

Dengan hasil ini, PSG finis sebagai runner-up Grup A setelah mengumpulkan 11 poin dari enam pertandingan. Mereka hanya terpaut satu poin dari City yang kalah 1-2 dari Leipzig di laga terakhir.

Dari Grup C, Borussia Dortmund yang sudah dipastikan tak lolos ke 16 besar, tetap tampil ngotot saat menjamu Besiktas dalam laga terakhir penyisihan grup.

Dalam pertandingan di Signal Iduna Park, Dortmund tampil menggila. Mereka menghancurkan tamunya dengan skor telak 5-0.

Gol-gol Dortmund dicetak Donyel Malen (29'), Marco Reus (45+2', 53'), dan Erling Haaland pada menit ke-68 dan 81.

Hasil ini tak mengubah posisi Dortmund di peringkat ketiga dengan koleksi sembilan poin, setara dengan Sporting Lisbon tetapi kalah secara head-to-head.

Kondisi itu membuat Erling Haaland dan kawan-kawan mengamankan tiket ke Liga Europa. Sementara bagi Besiktas, kekalahan ini membuat mereka mengakhiri fase grup Liga Champions tanpa koleksi poin karena selalu kalah dalam enam laga yang dimainkan.

Berikut hasil Liga Champions tadi malam, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB:

Grup A
PSG vs Club Brugge (4-1)
Leipzig vs Man City (2-1)

Grup B
AC Milan vs Liverpool (1-2)
FC Porto vs Atletico Madrid (1-3)

Grup C
Ajax vs Sporting CP (5-0)
Borussia Dortmund vs Besiktas (4-2)

Grup D
Real Madrid vs Inter (2-0)
Shakhtar vs Sheriff Tiraspol (1-1).

(Suara.com)

Load More