Rauhanda Riyantama
Supachok Sarachat. (Buriram United).

Bolatimes.com - Timnas Thailand berhasil membuka perjalanan mereka di Piala AFF 2020 dengan hasil positif. Tim berjuluk 'Gajah Perang' tersebut mengalahkan Timor Leste dengan skor 2-0 pada Minggu (5/12/2021),

Dua gol Thailand masing-masing dicetak oleh Pathompol Charoenrattanapirom di menit ke-51 dan Supachok Sarachat di menit 81.

Kontribusi Sarachat lewat golnya ini sudah bisa diprediksi karena dia memang dinilai sebagai salah satu sosok vital di tubuh Thailand pada gelaran Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Duel Tim Pesakitan Everton Vs Arsenal

Pengalamannya bermain, membuat perannya di Timnas Thailand tak tergantikan di lini tengah. Berikut profilnya.

Profil Supachok Sarachat

Sarachat lahir di kota Sisaket, Thailand, pada 22 Mei 1998. Ketika usianya menginjak 13 tahun, Sarachat bergabung dengan tim junior Buriram United.

Baca Juga:
Tinggalkan Bali, Viktor Axelsen Tulis Pesan Perpisahan Menyentuh

Setelah sekitar 5 tahun berada di tim junior, Sarachat mendapat kesempatan untuk promosi ke tim utama Buriram United pada 2015.

Namun sebelum benar-benar bermain untuk tim utama Buriram, Sarachat menjalani masa peminjaman ke tim divisi 2 Liga Thailand, Surin City.

Penampilan Sarachat cukup apik di level profesional meski saat itu usianya masih belasan tahun. Bersama Surin City, dia mencatatkan 10 penampilan dengan mencetak 2 gol di Divisi 2 Liga Thailand.

Baca Juga:
Indah Banget! Video Juan Cuadrado Cetak Gol Langsung dari Sepak Pojok

Di tahun yang sama, Sarachat memainkan debutnya di tim utama Buriram United. Dia bahkan mampu mencatatkan 5 penampilan dan masuk ke dalam daftar pemain yang membawa Buriram menjuarai Liga Thailand 2015.

Seiring musim berganti, Supachok Sarachat terus menjadi andalan di lini tengah Buriram United. Penampilan terbaiknya selama berada di sana hadir pada musim 2019/20 ketika dirinya mampu mencetak 12 gol dari 25 penampilan.

Di musim 2021/22 ini, Sarachat tetap menjadi andalan Buriram United. Dia mencatatkan 13 penampilan di Liga Thailand dengan torehan 2 gol dan 2 assist.

Baca Juga:
Jelang Laga Perdana Piala AFF 2020, Malaysia Kehilangan 2 Pemainnya Lagi

Adapun, Supachok Sarachat menjalani debutnya bersama Thailand pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Iraq pada Agustus 2017 silam.

Kini dia sudah mencetak 3 gol untuk Timnas Thailand di mana 2 gol perdananya dicetak ke gawang Indonesia pada 10 September 2019 pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More