Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual jelang bergulirnya Piala AFF 2020, Sabtu (4/12/2021) (tangkapan layar zoom Piala AFF 2020)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong , akhirnya mengungkap alasan tidak memanggil Ilija Spasojevic untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Juru formasi asal Korea Selatan itu menerangkan Spaso, sapaannya tidak cocok dengan skema miliknya.

Padahal, Spaso sedang dalam performa terbaiknya bersama Bali United. Di BRI Liga 1, pemain naturalisasi berdarah Montenegro itu kini menjadi top skor sementara dengan perolehan 12 gol.

Dalam pernyataannya, Shin Tae-yong mengidentifikasikan bahwa lebih suka striker yang banyak bergerak. Sementara Spaso lebih ke target man yang memang lebih banyak menunggu di depan gawang.

Baca Juga:
5 Eks Pemain Liga Inggris yang Kini Menganggur, Ada Mantan Kapten Chelsea

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin anak asuhannya berlatih di di Stadion Bukit Gombak, Jumat (3/12/2021) (dok. PSSI)

"Untuk Spaso memang banyak cetak gol juga di Liga Indonesia. Tetapi saat mulai training camp, kelihatannya sangat capek jika melakukan permainan apa yang diinginkan sama saya," kata Shin tae-yong saat konferensi pers virtual, Sabtu (4/12/2021).

"Memang finishing (Spasojevic) sangat baik. Tetapi untuk turnamen kali ini tidak akan bisa ikut," terang juru formasi 30 tahun tersebut.

Untuk Piala AFF ini, Shin Tae-yong menyertakan empat striker. Mereka adalah Ezra Walian, Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara.

Baca Juga:
Pemain Manchester United yang Diidolakan Anak David Beckham

Dibanding Spasojevic, empat penyerang yang dibawa Shin Tae-yong terbilang kurang menggigit. Dedik, zra, dan Hanis Saghara baru mencetak masing-masing satu gol di BRI Liga 1.

Sementara Kushedya Hari Yudo lebih baik ketimbang tiga lainnya. Pemain Arema FC itu telah mencetak 2 gol sejak BRI Liga 1 musim ini bergulir.

Adapun Piala AFF akan mulai bergulir pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022. Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Klaim Timnas Indonesia Berpeluang Jadi Juara Piala AFF 2020

Skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- baru akan memainkan laga pertamanya kontra Kamboja pada 9 Desember mendatang. Setelah itu bersua Laos tiga hari setelahnya.

Melawan Vietnam akan berlangsung pada 15 Desember. Kemudian, melawan Malaysia yang merupakan partai pamungkas Grup B bakal tersaji empat hari setelahnya.

(Suara.com)

Baca Juga:
Sempat Disentil, Menpora Pastikan Bonus untuk Tim Thomas Cup

Load More