Rauhanda Riyantama
N'Golo Kante. (Sumber: Instagram/@nglkante).

Bolatimes.com - Buat pesepak bola, usia 30 tahun ke atas sudah memasuki usia senja. Tak sedikit para pemain di kompetisi Eropa sudah menurun performanya.

Contohnya saja Samir Nasri. Eks penggawa Manchester City itu masih berusia 33 tahun. Tapi, melihat kondisi fisiknya yang sudah menurun, membuatnya pensiun lebih awal.

Tapi, Bolatimes sudah merangkum sejumlah pemain berusia 30 tahun di Eropa yang tetap meroket kariernya alih-alih menurun. Berikut laporan singkatnya:

Baca Juga:
Sedang Berlangsung, Link Live Streaming BWF World Tour Finals 2021 Hari Ini

1. N'Golo Kante

Gelandang Derby Country, Mason Mount (kanan) terlibat perebutan dengan gelandang Chelsea, N'Golo Kante pada 31 Oktober 2018 (Adrian Dennis/AFP)

Kante memang sudah berusia 30 tahun. Tapi, jika melihat performanya bersama Chelsea dan Timnas Prancis, seakan usianya masih muda.

Kante punya visi dan misi permaian yang apik. Mengawal lini tengah di klub dan tim nasional, Kante seolah tak tergantikan.

Baca Juga:
Jadwal BWF World Tour Finals 2021 Hari Ini, Kevin/Marcus Jumpa Wakil India

2. Virgil van Dijk

Bek Liverpool, Virgil van Dijk dianugerahi penghargaan Bek Terbaik Liga Champions 2018/2019 dan Pemain Terbaik UEFA 2018/2019 dalam acara pengundian babak fase grup Liga Champions 2019/2020 di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis (29/8/2019) malam WIB. [Valery HACHE / AFP]

Sama seperti Kante, usia Van Dijk sudah menginjak 30 tahun. Kendati sempat absen lama karena cedera ACL yang dideritanya, namun kapasitas bek asal Belanda ini tak perlu diragukan lagi.

Mengilapnya performa Liverpool sejak ia datang 2018 silam adalah bukti. Titel Liga Inggris dan Liga Champions adalah sederet prestasi yang sudah ditorehkan Van Dijk.

Baca Juga:
The Minions Kalahkan Ganda Taiwan, Penampilan Kevin Sanjaya Curi Atensi

3. Kevin De Bruyne

Selebrasi Kevin De Bruyne usai menjebol gawang Manchester United. (Paul Ellis/AFP).

De Bruyne sudah berusia 30 tahun musim ini. Namun, perannya kian vital saja saat di Man City dan Timnas Belgia.

De Bruyne sangat cerdas, dan memiliki visi yang tajam seperti elang. Sejauh ini dia telah membantu Man City meraih tiga gelar Liga Inggris pada musim 2017–2018, 2018–2019, dan 2020–2021.

Baca Juga:
Jadwal IYC 2021: Indonesia Vs Barcelona Digelar Pekan Ini

4. Lionel Messi

Aksi Lionel Messi saat Paris Saint-Germain ditahan imbang Nice 0-0. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

Usia Messi sudah 34 tahun. Tapi, bomber asal Argentina ini masih bermain di level tertinggi.

Bersama PSG, pemain dengan nama panggung La Pulga ini perlahan namun pasti mulai menunjukkan tajinya. Beberapa laga yang sudah ia lalui bersama Les Parisiens, Messi kerap mencetak gol.

Termutakhir, Messi baru saja meraih gelar Ballon d'Or 2021. Hadiah ini berkat dirinya sukses membawa Tim Tango juara Copa America 2020.

5. Robert Lewandowski

Pemain depan Bayern Munich asal Polandia, Robert Lewandowski melambai di atas panggung setelah dianugerahi penghargaan Striker of the Year pada upacara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP).

Usia Lewandowski sudah 33 tahun. Tapi, bomber Timnas Polandia ini seolah menolak tua.

Pada musim 2020/21, Lewandowski berhasil menorehkan rekor. Eks Borussia Dortmund ini mencetak 41 gol dalam 29 pertandingan bersama Bayern di Liga Jerman. Pencapaiannya itu membuat dia memutus rekor 49 tahun milik Gerd Muller.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More