Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda mencetak gol penalti ke gawang Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Bolatimes.com - Gelaran Piala AFF selalu memantik perhatian di setiap penyelenggaraannya. Tak terkecuali para pemain yang memperebutkan gelar top skor.

Sejumlah negara kontestan Piala AFF 2020 punya jagoan masing-masing. Beberapa di antaranya yang bakal mentas ada yang berstatus eks pemain Manchester City.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Bolatimes merangkum siapa saja calon-calon top skor Piala AFF 2020. Berikut rangkum singkatnya:

Baca Juga:
Sutan Zico Perkuat Indonesia All Star Hadapi Barcelona hingga Real Madrid

1. Teerasil Dangda (Thailand)

Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda mencetak gol penalti ke gawang Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Teerasil Dangda menjadi nama pertama yang diprediksi akan menyabet gelar top skor. Pengalamannya di tiga edisi Piala AFF yang sudah dijalaninya bersama Timnas Thailand adalah pemicunya.

Teerasil yang pernah menjajal trial bersama Man City ini sudah mencetak 15 gol. Rinciannya, 4 gol Piala AFF 2008, 5 gol di edisi 2012, dan 6 gol di edisi 2016.

Baca Juga:
Hasil Liga Prancis: Raih Ballon d'Or, Messi Gagal Bawa PSG Kalahkan Nice

2. Nguyen Tien Linh (Vietnam)

Pada 2018 silam, Nguyen Tien Linh turut serta membawa Vietnam menjuarai Piala AFF. Bomber milik Becamex Binh Duong ini juga ikut andil saat negaranya menyabet medali emas SEA Games U-23 2019.

Pada edisi SEA Games, Nguyen Tien berada di daftar teratas pencetak gol terbanyak dengan empat gol. Ia hanya kalah dua gol dari Osvaldo Haay yang ketika itu menjadi top skor.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Duo Milan Menang, Napoli Imbang

3. Ezra Walian (Indonesia)

Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)

Untuk pertama kalinya, Ezra akan bermain di Piala AFF. jelang debut resminya, pemain naturalisasi Belanda-Indonesia itu sudah memborong 2 gol saat uji tanding.

Ezra juga diprediksi akan menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong. Performa apiknya tak hanya ditunjukkan di laga uji coba, tapi saat mentas di Liga 1 bersama Persib Bandung.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Liverpool Hajar Everton di Derby Merseyside

4. Luqman Hakim (Malaysia)

Striker Timnas Malaysia U-18, Luqman Hakim Shamsudin. (Dok. Vocketfc).

Usia Luqman Hakim memang baru 19 tahun. Namun, pengalaman yang dimiliki bomber milik KV Kortrijk di Liga Belgia ini tak main-main.

Luqman Hakim juga sudah mulai rutin bermain untuk klubnya bersama tim usia muda. Pekan lalu, a mencetak satu gol saat KV Kortrijk U-21 bermain 3-3 kontra KVC Westerlo U-21 di Liga Belgia U-21.

5. Adisak Kraisorn (Thailand)

Pemain Thailand, Adisak Kraisorn merayakan gol ke gawang Singapura pada Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok (25/11/2018) (AFP)

Satu nama lainnya masih datang dari Thailand. Adalah Adisak Kraisorn yang menjadi andalan tim dari Negara Gajah Putih itu.

Pada 2018, Adisak menjadi bomber tersubur buat Thailand. Pemain Muangthong United ini mengemas 8 gol dan menjadi top skor di akhir turnamen.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More