Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda mencetak gol penalti ke gawang Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Bolatimes.com - Striker veteran Teerasil Dangda mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Thailand di Piala AFF 2020. Jelang ajang dua tahunan ini, striker berusia 33 tahun tersebut di ambang cetak rekor keren.

Teerasil Dangda pasti sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola di kawasan Asia. Sebab dia pernah mengejutkan karena sempat direkrut Manchester City Reserve.

Selama kariernya, Teerasil juga sempat membela Thailand di tiga ajang Piala AFF, yaitu pada tahun 2008, 2012, dan 2016. Hebatnya saat membela tim berjuluk The War Elephants, dia sukses menjadi top skor.

Baca Juga:
8 Negara yang Pemainnya Paling Banyak Meraih Ballon d'Or, Argentina Teratas

Saat ini jumlah gol Teerasil sepanjang Piala AFF sudah mencapai 15 gol. Hal itu membuat dirinya di ambang mencetak rekor apik di turnamen bergengsi negara Asia Tenggara tahun ini.

Dinukil dari laporan Thethao247 pada Rabu (1/12/2021), Teerasil akan mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di Piala AFF 2020 jika sukses mencetak lebih dari dua gol selama turnamen.

Sebagai informasi, saat ini pencetak gol terbanyak di Piala AFF adalah striker Singapura bernama Noh Alam Shah. Dia sudah mencetak total 17 gol.

Baca Juga:
Foto Ronaldo Pakai Celana Dalam Muncul di Ballon d'Or, Lionel Messi Tertawa

Melihat rekor tersebut, Teerasil hanya perlu mencetak dua gol untuk menyamai torehan Noh Alam Shah. Bahkan jika dia mencetak tiga gol di Piala AFF 2020 ini, namanya akan tercatat di buku sejarah Piala AFF.

Peluang striker berusia 33 tahun ini untuk menjadi pencetak gol terbanyak Piala AFF juga semakin terbuka lebar. Pasalnya pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking hanya memanggil tiga striker.

Dengan dua juniornya, Adisak Kraisorn dan Supachai Jaided yang tidak dalam kondisi terbaik, Teerasil kemungkinan akan menjadi pilihan utama.

Baca Juga:
Profil Dominik Javorcek, Pemain MSK Zilina yang Dipermalukan Egy Maulana

Adapun Thailand tergabung di Grup A Piala AFF 2020 bersama Filipina, Myanmar, Timor Leste dan tuan rumah Singapura.

Load More