Rauhanda Riyantama
Mantan kiper Timnas Brasil, Claudio Taffarel. (CARL DE SOUZA / AFP)

Bolatimes.com - Liverpool baru saja mengumumkan perekrutan kiper legendaris Timnas Brasil bernama Claudio Taffarel, Rabu (1/12/2021) dini hari WIB. Pria yang kini berusia 55 tahun itu sebelumnya menjabar sebagai pelatih kiper Selecao.

Taffrel didatangkan Liverpool untuk masuk dalam jajaran staf pelatih. Meski demikian, ia tetap merangkap dengan tugasnya sebagai pelatih kiper timnas Brasil tiap kali Selecao bertanding di kompetisi internasional.

Laman resmi Liverpool menyatakan Taffarel telah mengantungi izin kerja dari pemerintah Inggris dan akan menjadi pelatih kiper ketiga klub Liga Inggris tersebut bersama John Achtenberg dan Jack Robinson.

Baca Juga:
Cetak Brace Ciamik untuk FK Senica, Egy Maulana Vikri: Alhamdulillah

Jurgen Klopp mengaku kedatangan Taffarel tidak lepas dari konsultasinya dengan kiper Alisson Becker yang merasakan tangan dingin Taffarel di timnas Brasil.

Ia juga mengaku perekturan Taffarel tidak lepas dari keinginannya untuk membangun filosofi pola permainan kiper yang khas.

"Kami ingin membangun filosofi kami sendiri di departemen kiper, sebab kami sepakat bahwa posisi itu punya permaiannya sendiri, itulah mengapa melakukan pendekatan yang berbeda," kata Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool.

Baca Juga:
Lionel Messi Raih Ballon d'Or Ketujuh, Pemain Real Madrid: Tak Pantas!

"Kami berbicara dengan Ali (Alisson), sebab dua di antara kiper terbaik di dunia berasal dari Brasil dan mendapatkan solusi untuk mendatangkan Taffarel yang merupakan tambahan luar biasa bagi staf pelatih kami.

"Kami sangat ingin menjadi poros pelatihan kiper yang ajeg di dunia sepak bola, itulah mengapa kami mendatangkan pelatih kiper ketiga yang sangat berpengalaman," ujarnya panjang lebar.

Taffarel pensiun pada 2003 dengan catatan 101 penampilan untuk Timnas Brasil dan torehan gelar juara Piala Dunia 1994.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia: Kalahkan Salernitana, Juventus Jaga Asa Finis di 4 Besar

Claudio Taffarel kemudian sempat menjadi pelatih kiper Galatasaray dan dua kali menjabat sebagai manajer interim pada 2014 dan 2015 di klub Turki itu sebelum bergabung jadi pelatih kiper timnas Brasil, demikian dilansir dari Antara.

Load More